Find Us On Social Media :

Belum Tamat, BlackBerry 5G Bakal Kembali Hadir dengan Keyboard Fisik

By Adam Rizal, Senin, 15 Februari 2021 | 11:00 WIB

BlackBerry Key2

Startup OnwardMobility asal AS dan FIH Mobile, pabrikan smartphone Android di bawah Foxconn akan kembali memperkenalkan smartphone BlackBerry dengan sistem operasi Android, keyboard fisik QWERTY, dan konektivitas 5G pada tahun ini.

Sebelumnya, perusahaan TCL asal China telah berhenti membuat BlackBerry sejak Agustus 2020.

CEO Onward Mobility Peter Franklin mengatakan smartphone BlackBerry 5G akan hadir di wilayah Amerika Utara (AS dan Kanada) dan Eropa tahun ini serta akan diperluas ke Asia.

"Kami sedang dalam proses berbicara dengan pelanggan dan operator seluler dalam skala global untuk mengembangkan rencana distribusi kami," kata Franklin, seperti dihimpun Nikkei Asia.

Sebelumnya, Franklin yang pernah bekerja di Microsoft dan Zynga mendirikan OnwardMobility pada 2019 turut menambahkan bahwa, dengan sekuriti yang andal, calon ponsel BlackBerry baru ini akan menyasar segmen profesional dan korporat.

Franklin mengatakan informasi lebih detil akan dibeberkan dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Sedikit kilas balik, BlackBerry sempat menjadi merek smartphone nomor wahid di era awal kemunculan smartphone. Namun, setelah iPhone dan smartphone Android hadir, pamor BlackBerry lambat laun meredup hingga akhirnya tersingkir dari persaingan smartphone

Akhirnya pada 2016, BlackBerry memutuskan berhenti memproduksi smartphone sendiri dan melisensikan mereknya kepada perusahaan China, TCL.

Berselang empat tahun kemudian, TLC juga akhirnya menyerah menjual smartphone di bawah merek BlackBerry.