Find Us On Social Media :

LG Umumkan Peluncuran Global Jajaran TV-nya untuk Tahun 2021

By Cakrawala, Rabu, 17 Februari 2021 | 09:30 WIB

Jajaran OLED TV LG untuk tahun 2021.

LG Electronics kemarin mengumumkan peluncuran global jajaran TV-nya untuk tahun 2021 ini. LG menyebutkan berbagai TV yang diumumkan peluncuran globalnya itu akan segera hadir di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Namun, LG tidak menyebutkan secara spesifik TV apa saja yang akan hadir di Indonesia. Adapun jajaran TV LG tahun 2021 tersebut mencakup antara lain OLED TV dan QNED Mini LED TV. OLED TV sejak lama menjadi flagship LG untuk TV, sedangkan QNED Mini LED TV merupakan andalan baru dan terdepan LG untuk LCD TV. Dibandingkan sebelumnya, OLED TV LG untuk tahun 2021 tentunya menawarkan peingkatkan yang memungkinkan pengalaman menonton TV yang lebih baik lagi. Sementara, LG QNED Mini LED TV merupakan lini baru yang memberikan lompatan besar pada kualitas gambar yang dihasilkan LCD TV.

Salah satu seri OLED TV LG untuk tahun 2021 adalah G1. LG menyebutkan G1 menggunakan OLED evo. Dibandingkan OLED, LG mengklaim OLED evo mampu menghasilkan kecerahan yang lebih tinggi. LG menambahkan bahwa OLED evo adalah evolusi selanjutanya dari OLED. Sebagai panel yang memancarkan cahayanya sendiri, suatu piksel pada OLED bisa menampilkan warna hitam yang benar-benar hitam meski piksel lain di sekitarnya menampilkan warna lain. Dengan kata lain, OLED TV LG bisa menampilkan warna hitam yang benar-benar hitam pada berbagai skenario — sesuatu yang belum bisa dilakukan oleh LCD TV. Namun, OLED TV biasanya memiliki tingkat kecerahan yang terbatas dibandingkan LCD TV dengan backlight-nya. Melalui OLED evo, LG G1 memperbaiki kekurangan akan tingkat kecerahan tersebut.

Selain G1, LG juga akan menghadirkan seri Z1, C1, B1 dan A1 sebagai jajaran OLED TV-nya untuk tahun 2021. LG Z1 merupakan OLED TV dengan resolusi 8K sehingga menjadi yang terdepan untuk resolusi — seri OLED TV lain memiliki resolusi 4K. LG C1 merupakan OLED TV dengan opsi ukuran diagonal layar yang paling banyak dan diyakini akan menjadi pilihan yang paling populer. Adapun LG B1 dan LG A1 merupakan OLED TV yang ditujukan sebagai pilihan bagi peminat baru yang lebih mencari harga kompetitif.

Sementara, QNED Mini LED TV, seperti yang InfoKomputer kabarkan di sini, merupakan LCD TV yang memanfaatkan LED berukuran mini atau Mini LED sebagai backlight-nya. Karena berukuran lebih kecil dari LED yang bisa digunakan sebagai backlight pada LCD TV, jumlah Mini LED yang bisa dimanfaatkan sebagai backlight pada LCD TV berukuran sama adalah lebih banyak.

LG mengklaim QNED Mini LED TV memiliki sebanyak 30.000 Mini LED sebagai backlight-nya. Ke-30.000 LED berukuran mini itu dikelompokkan pula ke dalam hampir 2.500 zona, tepatnya dimming zone. Dengan kata lain, LG QNED Mini LED TV memiliki hampir 2.500 zona yang tingkat kecerahannya bisa dinaikkan dan diturunkan sesuai konten secara individual. Jadi, gambar yang mengandung area terang dan gelap secara berdekatan bisa ditampilkan dengan lebih baik; area yang terang bisa tampil terang tanpa membuat area yang gelap menjadi kurang gelap. Meski belum sebaik OLED, QNED Mini LED TV mampu menghasilkan warna hitam yang lebih hitam dibandingkan LCD TV yang belum menggunakan Mini LED pada berbagai skenario.

Secara keseluruhan, bukan hanya OLED TV dan QNED Mini LED TV, jajaran TV LG tahun 2021 akan memiliki ukuran diagonal layar dari 43 inci sampai 88 inci. LG pun menghadirkan berbagai peningkatan selain panel dan backlight, seperti prosesor α9 Gen 4 AI dan sistem operasi webOS 6.0.