Find Us On Social Media :

Siapa Marie Thomas? Sosok yang Menjadi Google Doodle Hari Ini

By Indah PM, Rabu, 17 Februari 2021 | 13:35 WIB

Marie Thomas, dokter perempuan pertama di Indonesia.

Jika Anda memperhatikan, Google Doodle hari ini menampilkan ilustrasi seorang dokter perempuan yang tengah menggendong bayi.

Dialah Marie Thomas, salah satu dokter wanita pertama di Indonesia. Wanita kelahiran desa Likupang, Sulawesi Utara  pada 17 Februari 1896, ini mengukir sejarah sebagai dokter spesialis wanita pertama di bidang kebidanan dan kandungan.

Pada 1912, Marie Thomas diterima di School tot Opleiding van Indische Artse (STOVIA). Sebelum dirinya mendaftar, institusi tersebut dikhususkan untuk laki-laki. Sekolah ini banyak melahirkan tokoh pergerakan nasional, seperti Soetomo, Cipto Mangunkusumo, Wahidin Sudirohusodo, dan lain-lain.

Sejarah mencatat, Marie Thomas pernah bertugas di Centrale Burgelijke Ziekenhuis (CBZ) yang kini menjadi Rumah Sakit Tjipto Mangunkusumo.

Marie Thomas juga dikenal sebagai salah satu dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi baru. Seperti IUD (intra uterine device), kepada wanita di Indonesia.

Ia juga mendirikan sekolah kebidanan di Bukittinggi, yang merupakan sekolah kebidanan pertama di Sumatera dan yang kedua di Indonesia.

Marie Thomas wafat pada 1966, sementara suaminya lebih dulu mengembuskan napas terakhir, yaitu pada 1958.