Find Us On Social Media :

DANA Tegaskan Komitmennya Mempercepat Transformasi Digital UMKM

By Cakrawala, Rabu, 17 Februari 2021 | 19:00 WIB

Ilustrasi kegiatan DANA pada acara

DANA hari ini menyampaikan komitmennya untuk medukung percepatan transformasi digital UMKM/IKM (usaha mikro, kecil, dan menegah/industri kecil dan menengah) di wilayah Toba Samosir, Sumatera Utara. Komitmen DANA tersebut ditunjukkan antara lain dengan mengadakan pelatihan "DANA Bisnis" dan edukasi bertema "UMKM Siap Digital" di tiga lokasi, yaitu Samosir, Toba, dan Dairi. Selain itu, DANA juga menandatangi nota kesepahaman dengan Institut Teknologi Del (IT Del) sebagai akselerator terselenggaranya digitalisasi UMKM/IKM di wilayah Toba.

Penyampaian komitmen dan kegiatan DANA itu sendiri dilakukan pada acara "Roadshow UMKM Siap Digital" yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang kali ini digelar di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. DANA sebelumnya memang telah menyampaikan komitmennya untuk mendukung percepatan transformasi digital UMKM di Indonesia. Komitmen terbaru dan partisipasinya pada acara Roadshow UMKM Siap Digital menegaskan hal itu.

Adapun Roadshow UMKM Siap Digital merupakan serangkaian kegiatan di beberapa provinsi dan menjadi bagian dari Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia. Tujuannya adalah untuk membangkitkan kembali perekonomian nasional melalui pemberdayaan UMKM. Kawasan Toba meruapakan salah satu yang telah ditetapkan pemerintah sebagai destinasi pariwisata super prioritas Indonesia.

Agustina Samara (Chief People & Corporate Strategy Office DANA) mengatakan bahwa transformasi digital merupakan solusi bagi semua sektor dan skala usaha, tak terkecuali UMKM/IKM, agar mampu beradaptasi dengan berbagai dinamika perubahan seperti disrupsi digital serta tantangan-tantangan baru akibat pandemi, sehingga bisnisnya akan terus tumbuh dan berkelanjutan.

Rektor IT Del Prof. Ir. Togar M. Simatupang, M. Tech., Ph.D. menyebutkan bahwa sudah saatnya pelaku bisnis kreatif UMKM/IKM di daerah Toba untuk go digital dengan produk-produk lokalnya yang berpotensi untuk terus dikembangkan menjadi bagian dari kekuatan ekonomi digital nasional. Dengan dukungan kerja sama pengembangan kompetensi mahasiswa bersama DANA, pihaknya menyatakan siap untuk turut berkolaborasi menjadi akselerator transformasi digital bagi para UMKM/IKM di Toba.

DANA Bisnis sendiri, seperti namanya, ditujukan untuk pemilik usaha yang memiliki bisnis daring maupun luring. Dengan DANA Bisnis, UMKM dapat mengajukan kepada konsumen untuk melakukan pembayaran dengan nyaman dan aman melalui QRIS. Selain itu, tersedia pendampingan melalui video edukasi bersertifikat dan promosi UMKM melalui fitur Nearby pada aplikasi DANA. Mitra DANA Bisnis pun bisa menerima pembayaran maupun melakukan penarikan dana secara real-time. Begitu pula dengan laporan transaksi terkini; mitra DANA Bisnis bisa memperolehnya.

Sementara, untuk nota kesepahaman dengan IT Del, antara lain terkait kerja sama DANA dan IT Del untuk pengembangan e-retribusi yang menargetkan delapan kabupaten di sekitar Danau Toba. DANA akan memberikan dukungan dari sisi pengembangan teknologi dan implementasinya. DANA pun berkomitmen untuk mendukung keberadaan IT Del sebagai akselerator dengan menyelenggarakan program alih pengetahuan yang bertujuan membangun pemahaman mahasiswa terhadap dunia kerja serta peluang dan potensi industri digital.