Find Us On Social Media :

LaLiga Libatkan Teknologi Bantu Kurangi Risiko Cedera dalam Sepak Bola

By Indah PM, Kamis, 25 Februari 2021 | 18:00 WIB

LaLiga libatkan teknologi untuk membantu mengurangi risiko cedera pemain sepak bola.

Cedera dalam dunia olahraga merupakan sesuatu yang tak bisa dihindari. Namun, berkat teknologi, setidaknya risiko cedera dapat diminimalisasi.

Dalam olahraga sepak bola misalnya, asosiasi global sepak bola LaLiga baru-baru ini mengumumkan teknologi yang mempermudah klub sepakbola untuk melihat pola yang bisa mengurangi kasus tersebut.

Fakta terbaru menunjukkan bahwa masalah pada otot biasanya sering terjadi pada menit waktu yang diakumulasi pada sesi latihan dan pertandingan yang kompetitif. Para klub beralih ke alat baru yang bisa memberikan data kepada para pelatih dan instruktur fitness yang bisa membantu untuk membuat keputusan secara langsung dan mengurangi risiko cedera para pemain.

Pada saat sesi latihan, data ini bisa diambil melalui perangkat GPS yang bisa digunakan para pemain dengan dipasangkan pada tubuh mereka, yang dapat juga digunakan pada saat pertandingan yang kompetitif di Spanyol.

Tak hanya itu, LaLiga juga mengandalkan Mediacoach, perangkat yang mengambil data berdasarkan kamera yang dipasang pada sisi lapangan yang bisa memberikan informasi akurat mengenai kondisi fisik dari setiap pemain tanpa harus bergantung dengan faktor luar seperti daya tahan baterai, iklim, atau sinyal GPS.

Dengan menggunakan Mediacoach, klub sepak bola LaLiga tidak hanya mampu untuk menganalisis pemain mereka dalam waktu yang singkat agar dapat menyesuaikan taktik selama pertandingan, tetapi juga untuk mengkaji kekuatan fisik yang dibutuhkan pada seorang pemain dan menentukan apakah pergantian pemain diperlukan pada saat itu.

“Setiap tim pastinya memiliki tuntutan yang harus mereka capai dan berkat data yang datang dari Mediacoach, mereka dapat melihat banyak statistik tentang pemain mereka selama satu atau beberapa musim,” jelas Fabio Nevado (Analis Sepak Bola Departemen Investigasi Olahraga dan Tim Mediacoach).

Mediacoach tersedia untuk seluruh klub sepak bola di seluruh versi komputer dan smartphone, sehingga memudahkan seluruh pekerja di klub sepak bola bisa mengakses data performa pada saat pertandingan dan memberikan peringatan yang dapat dikonfigurasi sebelum mulainya pertandingan.

“Misalnya, dapat diatur agar pelatih dapat diberikan peringatan saat pemain tertentu mencapai target dalam jarak tempuh atau sprint,” kata Nevado.

Hal ini membantu para tim untuk membuat keputusan agar mampu mengurangi risiko cedera dan juga memonitor para pemain yang baru pulih dari cedera, membantu mereka untuk tetap berada dalam batas tertentu sehingga dapat menghindari risiko cedera yang berulang.

“Ini bukan hanya untuk memprediksi adanya cedera, tapi ini juga untuk mendeteksi batas kondisi kesehatan fisik pemain dan melihat kemungkinan untuk mereka memasuki zona risiko,” kata Ricardo Resta (Direktur Departemen Investigasi Olahraga LaLiga dan Tim Mediacoach).

Ada banyak variabel di dalam Mediacoach yang bisa dipelajari untuk membantu mengurangi risiko dari waktu ke waktu. Salah satu metrik yang menarik saat ini adalah permukaan tanah yang dilalui oleh pemain pada saat mereka berlari dengan kecepatan lebih dari 24 km/jam atau jarak yang ditempuh saat pemain mencapai kecepatan yang maksimum. 

Dengan jadwal pertandingan yang padat pada musim ini yang diakibatkan adanya pandemi, menjaga kesehatan para pemain menjadi perhatian yang lebih mendesak bagi klub sepak bola.

Trik rotasi susunan pemain dapat membantu meningkatkan waktu istirahat bagi para pemain, tetapi dengan setiap hasil yang berpotensi penting untuk musim ini, para pelatih tentu enggan untuk meninggalkan pemain terbaik mereka. Walhasil, menggunakan data akan membantu lebih banyak klub untuk menemukan keseimbangan yang tepat.