Find Us On Social Media :

DANA Dukung Ekonomi Kreatif Danau Toba Memanfaatkan Teknologinya

By Cakrawala, Jumat, 26 Februari 2021 | 19:30 WIB

DANA menyampaikan partisipasi dalam #BeliKreatifDanauToba yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

DANA kemarin menyampaikan partisipasinya dalam kampanye #BeliKreatifDanauToba untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba. Danau Toba memang menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas Indonesia. Adapun #BeliKreatifDanauToba sendiri diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 20 Februari 2021 lalu. DANA mengklaim komitmennya dalam mendukung #BeliKreatifDanauToba diwujudkan melalui solusi teknologi finansial yang dikembangkannya. DANA berharap, solusi itu bisa dimanfaatkan sebagai sarana dalam mendorong percepatan transformasi digital UMKM/IKM (usaha mikro, kecil, dan menegah/industri kecil dan menengah) di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

“Untuk memajukan dan meningkatkan kapasitas UMKM/IKM di kawasan Danau Toba, perlu upaya digitalisasi agar mampu berdaya saing dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Transformasi digital merupakan solusi, termasuk bagi UMKM/IKM, untuk bisa beradaptasi dengan berbagai dinamika di era disrupsi digital serta sejumlah tantangan baru akibat pandemi, sehingga bisnisnya tetap tumbuh berkelanjutan,” ujar Agustina Samara (Chief People & Corporate Strategy Officer DANA) sembari menyebutkan bahwa Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas memiliki potensi yang sangat besar, termasuk dalam hal menghasilkan produk artisan dari UMKM

Seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, DANA mengadakan "Roadshow UMKM Siap Digital". Roadshow UMKM Siap Digital, digagas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, merupakan serangkaian kegiatan di beberapa provinsi dan menjadi bagian dari Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia. Tujuannya adalah untuk membangkitkan kembali perekonomian nasional melalui pemberdayaan UMKM. DANA pun bekerja sama dengan IT Del (Institut Teknologi Del). Melalui kerja sama tersebut, IT Del menjadi akselerator terselenggaranya digitalisasi UMKM/IKM di sana.

Selain itu, DANA juga menyebutkan menggelar "Masterclass UMKM Ekonomi Kreatif Digital". Masterclass UMKM Ekonomi Kreatif Digital merupakan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM terpilih untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam berbisnis serta memperluas potensi jaringan di sekitarnya.

“Sesuai dengan komitmen DANA sebagai sahabat UMKM, kami mendukung inisiasi-inisiasi pemerintah dengan memanfaatkan teknologi yang kami kembangkan. Kami juga akan terus melanjutkan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pelaku industri, pemerintah daerah dan pusat, hingga kalangan pendidikan dan komunitas. Melalui #BeliKreatifDanauToba yang sejalan dengan misi DANA, kami optimistis teknologi digital akan makin inklusif berkat gotong-royong digital yang digerakkan oleh seluruh ekosistem perekononian nasional,” pungkas Agustina Samara.