Find Us On Social Media :

TrendForce Prediksikan Pendapatan Pabrik Semikonduktor Meningkat

By Cakrawala, Sabtu, 27 Februari 2021 | 18:00 WIB

Ilustrasi produksi cip.

TrendForce belum lama ini membagikan prediksinya mengenai pendapatan pabrik semikonduktor atau semiconductor foundry di dunia untuk kuartal pertama tahun ini. Secara spesifik, TrendForce memperkirakan sepuluh pabrik semikonduktor teratas di dunia akan mengalami peningkatan pendapatan yang signifikan pada kuartal pertama 2021. Penyebabnya menurut TrendForce tentu saja adalah permintaan akan semikonduktor, tepatnya cip seperti SoC dan processor, yang tinggi secara global. Bahkan, belakangan terjadi yang disebut chip shortage alias kekurangan cip di dunia karena permintaan melebihi produksi. Permintaan yang tinggi tersebut sewajarnya meingkatkan penjualan dan pendapatan pabrik semikonduktor di dunia.

Secara keseluruhan, TrendForce memprediksikan besarnya peningkatan pendapatan sepuluh pabrik semikonduktor teratas di dunia pada kuartal pertama 2021 adalah sekitar 20% dibandingkan kuartal pertama 2020. Dengan peningkatan sekitar 20% tersebut, secara total, pendapatan sepuluh pabrik semikonduktor teratas di dunia itu diperkirakan TrendForce mencapai US$22,59 miliar pada kuartal pertama tahun ini. Sebelumnya, pada kuartal pertama tahun lalu, secara total, pendapatan sepuluh pabrik semikonduktor teratas di dunia bersangkutan adalah sekitar US$18,87 miliar.

Peringkat pertama pada kuartal pertama 2021 diyakini TrendForce akan ditempati oleh TSMC seperti sebelumnya. TSMC memang membuat banyak cip untuk berbagai merek di dunia. TrendForce pun memprediksikan pangsa pasar TSMC untuk kuartal yang dimaksud sebesar 56%. Adapun peningkatan pendapatan TSMC yang diprediksi TrendForce adalah sekitar 25% pada kuartal pertama ini dibandngkan kuartal pertama lalu. Bila prediksi itu terwujud, TSMC akan berolah pendapatan sekitar US$12,91 miliar, naik dari US$10,31 miliar.

Peringkat kedua ditempati oleh Samsung dan peringkat ketiga oleh UMC. Samsung memang membuat cukup banyak cip untuk aneka klien di dunia; sedangkan UMC membuat cip untuk otomotif, manajemen daya, penggerak, radio, dan IoT (internet of things). TrendForce memperkirakan Samsung akan mendapatkan pertumbuhan pendapatan sekitar 11% pada kuartal pertama 2021 dibandingkan kuartal pertama 2020. Sementara, untuk UMC, TrendForce memperkirakan akan beroleh pertumbuhan pendapatan sekitar 14% pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan kuartal pertama tahun lalu. Bila kedua perkirakan itu terwujud, Samsung akan berolah pendapatan sekitar US$4,05 miliar, naik dari US$3,66 miliar; sedangkan UMC beroleh US$1,6 miliar, naik dari US$1,4 miliar. TrendForce pun memperkirakan pangsa pasar masing-masing sebesar 18% dan 7% pada kuartal pertama 2021.

Kesepuluh pabrik semikonduktor teratas di dunia beserta prediksi TrendForce selengkapnya bisa dilihat pada Tabel 1. Bila Anda bertanya-tanya mengapa tidak ada Intel, jawabannya adalah Intel merupakan integrated device manufacturer yang bisa dibilang membuat cip untuk dirinya sendiri.

Tabel 1. Tabel prediksi TrendForce akan pendapatan dan pangsa pasar sepuluh pabrik semikonduktor teratas di dunia untuk kuartal pertama 2021.