Find Us On Social Media :

Begini Cara Indonesia Tak Jadi Korban Raksasa Internet Dunia

By Adam Rizal, Sabtu, 27 Februari 2021 | 13:30 WIB

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong Indonesia tidak menjadi korban praktik tidak adil dari raksasa Internet dunia.

Namun, Indonesia tidak ingin menerapkan proteksionisme yang bakal merugikan semua pihak. Solusinya, Indonesia bakal mengedepankan teknologi dan solusi tranformasi digital yang menguntungkan semua pihak.

"Kita bukan bangsa yang menyukai proteksionisme, bukan. Karena sejarah membuktikan proteksionisme justru merugikan. Tetapi, kita juga tidak boleh menjadi korban unfair practices (praktek tak adil) dari raksasa digital dunia," ujarnya dalam acara peluncuran Program Konektivitas Digital 2021 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Karena itu Jokowi berharap program Konektivitas 2021 menjadi momentum penting yang bisa menghubungkan bangsa Indonesia dengan teknologi baru, pola pikir baru, kesempatan bisnis global baru, dan dengan masa depan baru menuju Indonesia maju.

"Kedaulatan dan kemandirian digital harus menjadi prinsip penting dalam transformasi digital di Indonesia," ujarnya.

Jokowi menambahkan konektivitas digital harus tetap berpegang teguh pada kedaulatan bangsa di tengah globalisasi dan persaingan global.

Palapa Ring

Jokowi memerintahkan Menkominfo Johnny G Plate agar infrastruktur kabel optik Palapa Ring yang sudah dibangun, bisa dinikmati hingga ke rumah-rumah. Hal ini menjadi catatan Presiden terkait dengan kondisi konektivitas digital di Indonesia. Sehingga, Palapa Ring tidak sebatas backbone saja, tapi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Saya minta kepada Menkominfo untuk memastikan agar Palapa Ring tidak berhenti sebagai backbone saja, tetapi tersambung sampai ke rumah tangga," ujar Jokowi dalam acara peluncuruan Program Konektivitas Digital 2021 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/2).

Jokowi menuturkan utilitas Palapa Ring jangan hanya mencapai 50 persen. Berdasarkan data yang dimilikinya, utilitas Palapa Ring di wilayah Indonesia tengah dan timur masih sekitar 20 persen.

"Ini harus digenjot terus," tegasnya.

Menurut Jokowi, peningkatan pemanfaatan Palapa Ring diperlukan agar investasi dalam jumlah besar dalam proyek itu bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat. Selain itu, pemanfaatan Palapa Ring sangat diperlukan di tengah situasi pandemi Covid-19.

Jokowi mengklaim pemerintah telah bekerja keras membangun konektivitas nasional dalam lima tahun terakhir. Misalnya, dia berkata pemerintah membangun tol laut, jaringan rel kereta api, jalan tol, jalan perbatasan, bandara, dan pelabuhan.

Selain itu, Jokowi menyampaikan pemerintah membangun konektivitas digital yang menghubungkan seluruh pelosok Nusantara melalui tol langit. Jokowi menuturkan pembangunan konektivitas di berbagai sektor bukan hanya untuk kepentingan ekonomi. Dia menyatakan pembangunan itu untuk merangkai negara Indonesia yang terdiri dari banyak pulau.

Dengan adanya pembangunan konektivitas, dia menilai sejumlah hal akan berjalan lebih cepat. Misalnya, pelayanan pendidikan, kesehatan, hingga mendukung sinergi budaya nusantara dan memperkokoh kesatuan.

Pembangunan konektivitas dan talenta digital, kata Jokowi sudah dilakukan lewat beberapa program, seperti penyediaan satelit multifungsi pemerintah (SATRIA), pembangunan menara BTS, program beasiswa, hingga gerakan nasional literasi digital.