Find Us On Social Media :

Begini Cara Bikin Siaran Podcast Anda Terkenal dan Banyak Ditonton

By Adam Rizal, Sabtu, 27 Februari 2021 | 17:00 WIB

Gandeng Spotify, Obama Geluti Bisnis dan Produksi Podcast

Saat ini layanan podcast sudah tidak asing lagi di dunia maya. Deddy Corbuzier termasuk salah seorang yang memperkenalkannya, hingga acara podcast #closethedoor miliknya di kanal YouTube diminati berjuta orang.

Saat ini akun YouTube nya dikunjugi lebih dari 1,2 miliar dengan 13,6 juta subscribe. Prinsipnya, podcast adalah siaran non-streaming yang disampaikan melalui audio, dan kemudian berkembang menjadi audio visual.

Tentunya, awal mula kelahiran podcast melalui berbagai platform, seperti di Spotify, Apple Cast, Google Podcast, Pocketcast, Anchor, Inspigo,dan sebagainya. Kala itu podcast menjadi jawaban dari rasa ketidakpuasan masyarakat terhadap media audio konvensional yang tidak dapat didengarkan tiap saat.

Dilangsing dari dewaweb.com Istilah podcast pertama kali diusulkan oleh jurnalis The Guardian, Ben Hammersley, pada 2004. Kata podcast merupakan singkatan dari “play-on-demand” dan “broadcast” lalu akhirnya diadopsi oleh salah satu produk Apple, iPod dan aplikasi Apple Podcasts.

Nah, bagi Anda yang juga ingin menggali bakat sebagai podcaster, berikut ini beberapa cara membuat podcast:

1. Mencari topik yang Anda sukai, agar penguasaan anda tentang topik ini lebih mendalam tujuannya untuk membuat orang betah dan tertarik dengan isi podcast Anda.

2. Menggunakan gaya penyampaian yang unik dan mendetail, setiap dari kita mungkin mempunyai keunikan tersendiri dalam berkomunikasi maka itu bisa kita terapkan agar para pendengar anda langsung kenal mengenali akun Anda, gunanya agar semakin banyak orang yang mendengarkan podcast Anda.

3. Masukkan audio Anda ke Soundcloud maupun Apple podcase agar cakupan pendengarnya semakin luas.

4. Usahakan agar selalu udate ilmu seputar topik yang Anda sukai, atau bisa juga dengan topik-topik yang lagi hangat di perbincangkan ini merupakan tips yang baik agar pendengar seiap hari dapat informasi yang terkini pula.

5. Untuk peguna smartphone anda cukup menggunakan sofware perekam suara dan pengedit suara yang ada di smartphone-mu, jadi tidak harus membeli alat microphone dan juga mixer super canggih untuk bisa masuk ke dunia podcast.

6. Tambahkan audio musik pembuka dan penutup agar podcast Anda tidak terlalu monoton.

7. Usahakan agar selalu telaten dalam menjalaninya dan kalau perlu selalu lakukan perubahan agar podcast Anda banyak pengunjungnya.