Find Us On Social Media :

Meski Harganya Meroket, Bill Gates Haramkan Investasi Bitcoin

By Adam Rizal, Sabtu, 27 Februari 2021 | 16:00 WIB

Bill Gates

Saat ini Bitcoin sedang menjadi primadona karena nilainya mencapai rekor nilai tertinggi sepanjang masa dan "memaksa" setiap orang untuk berinvestasi Bitcoin. Namun, salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates tidak ingin menanamkan investasinya pada Bitcoin.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan The Wall Street Journal, Bill Gates menegaskan Bitcoin dan aset digital cryptocurrency lainnya mungkin berbahaya, karena bisa mendukung terjadi aktivitas kriminal tertentu.

“Cara kerja cryptocurrency saat ini memungkinkan adanya aktivitas kriminal tertentu. Akan bagus untuk menyingkirkan itu," kata Gates seperti dikutip Market Watch.

Komentar dari pendiri Microsoft itu menyiratkan bahwa dia bukanlah penggemar Bitcoin, tetapi komentarnya juga mungkin hanya menunjukkan bahwa dia merasa bahwa cryptocurrency rentan terhadap penyalahgunaan oleh penipu dalam skema pencucian uang.

Di sisi lain, dalam wawancaranya dengan CNBC, Gates mengambil sikap yang lebih netral terhadap Bitcoin. Ia mengaku tidak punya Bitcoin dan tidak melakukan proses jual-beli salah satu jenis cryptocurrency itu.

“Saya tidak memiliki Bitcoin, saya tidak melakukan proses menjual Bitcoin, jadi saya mengambil pandangan netral,” katanya dalam wawancara yang ditayangkan di acara "Sqawk Box".

Gates menjelaskan naik dan turunnya Bitcoin berdasarkan antusiasme atau keinginan yang berlebihan, sehingga sulit diprediksi.

Gates berpikir penggalangan dana yayasannya Bill and Melinda Gates Foundation dapat dilakukan dengan transaksi digital tetapi bukan Bitcoin.

"Saya pikir memindahkan uang ke bentuk yang lebih digital dan menurunkan biaya transaksi, itu adalah sesuatu yang dilakukan Bill and Melinda Gates Foundation di negara berkembang," terangnya.

Pandangan Gates soal Bitcoin rupanya tidak berubah sejak 2018. Pada saat itu, miliarder ini tidak merasa yakin dengan masa depan Bitcoin. Gates justru menilai mata uang virtual itu bukanlah sesuatu yang baik.

Gates sempat mengatakan bahwa seseorang pernah memberinya Bitcoin untuk ulang tahunnya, tetapi ia menjualnya beberapa tahun sesudahnya. Walaupun mengkritik keras tentang nilai mata uang kripto, Gates mengakui penggunaan teknologi blockchain memiliki kelebihan.

Blockchain menghilangkan kebutuhan perantara pihak ketiga, seperti bank, karena dengan segera dapat membuat catatan transaksi yang aman dan permanen antara dua pihak, sehingga dapat menekan penyalahgunaan atau korupsi.