Find Us On Social Media :

Bukan Hanya Gmail, Layanan Email Gratis Ini Pun Tawarkan Fitur Mumpuni

By Liana Threestayanti, Minggu, 28 Februari 2021 | 14:00 WIB

Ilustrasi layanan email gratis

Dengan jumlah pengguna mencapai 1,5 miliar, Gmail tak pelak adalah salah satu layanan email terpopuler di dunia.

Data yang diterbitkan perusahaan email analytics menyebutkan bahwa satu-satunya layanan yang bisa mengalahkan Gmail adalah aplikasi email native pada Apple iPhone dalam hal penggunaan. Menurut analisis Litmus, dari 834 juta email yang dibuka di seluruh dunia, 26% dibuka dengan Gmail, dan 28% dengan email client iPhone.

Tapi jika Anda mencari alternatif email gratisan dengan fitur yang tak kalah mumpuni dari Gmail, tak ada salahnya jika Anda mencoba beberapa layanan email gratis lainnya, seperti Zoho Mail yang cocok digunakan oleh startup dan UKM. Atau layanan email buatan para ilmuwan MIT dan CERN, ProtonMail,yang menawarkan enkripsi email end-to-end.

Email Masih Dibutuhkan

Layanan email atau surat elektronik (surel) masih tetap dibutuhkan meski saat ini medsos, layanan instant messaging, platform office chat, dan layanan komunikasi lainnya kian menjamur.

Layanan email masih banyak digunakan, misalnya untuk menjalin networking, rekrutmen, sebagai reminder, mentransfer file dan sebagainya.

Layanan email ini dapat kita peroleh dari E-mail Service Provider (ESP). Selain menyediakan layanan mengirim dan menerima surel, penyedia layanan juga biasanya menyediakan fitur lain, misalnya template surel dan fitur untuk mengelola daftar kontak. 

Ada dua jenis surel yang bisa kita pilih:  email clients dan webmail. Email client datang berupa software yang kita pasang di komputer untuk mengelola pengiriman dan penerimaan surel. Untuk mengakses email ini, client akan berinteraksi dengan remote email server. Contoh email client di antaranya adalah Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, dan Apple Mail.

Jika pengguna ingin mengakses email client dari web, client akan menggunakan  protokol email tertentu. Misalnya, pengguna Outlook bisa login ke akun emailnya melalui situs web outlook.com dengan bantuan protokol email tertentu. 

Jenis email yang kedua adalah webmail. Jenis email ini diakses dari internet, sehingga letaknya adalah di cloud. Pengguna tidak perlu memasang aplikasi untuk membuka email. Pengguna mengelola emailnya langsung di peramban atau browser internet. Contoh webmail adalah Gmail, Yahoo! Mail, dan AOL. Agar pengguna bisa mengakses webmail dari aplikasi mail di perangkat mobile, ESP menggunakan protokol email tertentu.

Tak semua layanan surel dapat dinikmati sepenuhnya secara cuma-cuma. Ada layanan surel yang gratis tapi tidak memiliki fitur yang kita butuhkan atau cara penggunaannya sulit.

Oleh karena itu, memilih layanan surel terkadang menjadi tantangan. Apalagi jika kita mencari layanan yang murah meriah, yaitu layanan berbiaya rendah (atau gratis!), kaya akan fitur, dan mudah digunakan. Ada beberapa layanan e-mail gratis dengan fitur-fitur mumpuni bisa Anda coba.

1.Outlook

Jenis: email client

Fitur unik: integrasi dengan beragam aplikasi

Disarankan untuk mereka yang menggunakan berbagai platform untuk terkoneksi dengan orang lain, Outlook terintegrasi dengan beberapa aplikasi yang bersifat business-friendly. Outlook juga menawarkan fitur calendar dan task manager yang mumpuni. 

Beberapa fitur Outlook:

*Keamanan berkelas enterprise.

*Fitur calendar yang memungkinkan pengguna membuat jadwal dan mengelola meeting atau event.

*Informasi tentang kontak dapat dilihat hanya dengan mengarahkan kursor di atas nama kontak. 

*Menawarkan kemudahan mencari nama orang, pesan, dan dokumen dalam email.

2.AOL

Jenis: webmail

Fitur unik: penyimpanan (storage) tanpa batas 

Jika Anda kelahiran tahun 80an atau 90an, akun email pertama Anda kemungkinan besar adalah AOL.

Meski saat ini namanya tak lagi sepopuler dulu, American Online tanpa banyak promosi tetap menjaga agar layanan emailnya mengikuti standar layanan surel terkini dan tetap relevan.

Layanan surel yang disarankan untuk mereka yang menggunakan email sebagai media komunikasi utama ini datang dengan tawaran yang menarik, yaitu penyimpanan tanpa batas (unlimited), dengan filter spam dan proteksi email dari virus seperti yang diharapkan kebanyakan user. 

Beberapa fitur AOL:

*Selain storage yang tanpa batas, AOL juga menawarkan ukuran lampiran (attachment).

*Selain perlindungan dari spam dan virus, tersedia fitur-fitur dasar, seperti spell checker dan filter untuk memilah email yang masuk. 

*Panelnya dilengkapi tautan cepat ke fitur To-Do, calendar, dan blog.

*Tersedia reading pane mode sehingga pengguna dapat membaca pesan email tanpa harus keluar dari inbox (pesan akan terbuka di sisi samping kotak pesan masuk).

*Pengguna dapat membuat customized folder untuk menata pesan-pesan email. 

*Menggunakan stationary yang disediakan, pengguna dapat membuat email template dengan theme dan style sendiri. 

*Mendukung protokol POP dan IMAP. 

3.ProtonMail

Jenis: webmail

Fitur unik: email terenkripsi.

ProtonMail menawarkan layanan email open source yang dikembangkan oleh oara ilmuwan MIT dan CERN.

Hanya menawarkan ruang simpan gratis sebesar 500MB, tapi pesan email di layanan ini akan dienkripsi dan dilindungi oleh aturan hukum privasi Swiss. Karena terenkripsi, pengguna dapat mengirimkan pesan yang isinya tidak akan dapat dilihat pihak lain, bahkan pesan akan dihapus setelah satu bulan. Oleh karena itu, layanan ini cocok untuk pengguna yang kerap mengirim atau menerima pesan berisi informasi sensitif.   

Seperti webmail pada umumnya, ProtonMail mudah digunakan di perangkat apapun tanpa harus memasang software untuk mengenkripsi email.

Antarmuka inbox-nya mudah dipahami dan menawarkan label berbasis warna untuk membantu pengguna memilah pesan email yang memerlukan perhatian dan perlindungan lebih. 

Beberapa fitur ProtonMail:

*Tidak membutuhkan informasi pribadi untuk membuat akun email.

*Mengirim dan menerima email dalam keadaan terenkripsi secara end-to-end (dengan standar enkripsi PGP)

*IP address tidak dicantumkan pada semua email.

*Kemampuan 'self destruct' pesan email dalam jangka waktu yang ditetapkan pengguna.

*Fitur ProtonMail Bridge memungkinkan pengguna membuka email dengan email client lain.

*Dengan fitur address verification, pengguna dapat menyimpan signed key ke dalam kontrak yang ditandatangani secara digital sehingga setelah diverifikasi, key tersebut tidak dapat diretas. Cara ini akan melindungi email dari serangan Man in the Middle.

4.Zoho Mail

Jenis: webmail

Fitur unik: 25 akun bisnis

Zoho Mail mungkin tidak sepopuler layanan email gratis lainnya. Namun email memiliki sejumlah penawaran menarik untuk bisnis, terutama startup dan bisnis skala kecil, seperti UKM. 

Menurut beberapa review yang kami rangkum, hal pertama yang akan dirasakan pengguna layanan Zoho Mail adalah kemudahan pakainya. Integrasinya dengan Google Drive, Drop Box dan layanan file manager berbasis cloud lainnya, built-in task manager membuat layanan ini memudahkan pengguna melakukan tugasnya sehari-hari.  

Namun satu kelebihan yang signifikan adalah kemampuan meng-customize sampai dengan 25 alamat email yang terkoneksi satu sama lain. Misalnya, pengguna bisa mengganti "@zoho.com" dengan "@kebunbapak.com" atau nama situs web perusahaan pengguna. Kemampuan ini dibenamkan Zoho pada Zoho Lite yang juga menyertakan ruang simpan gratis sebesar 5GB.

Beberapa fitur Zoho Mail:

*Data dan privasi terenkripsi.

*Kemudahan migrasi email dari layanan lain.

*Fitur ala medsos Streams memudahkan kolaborasi dan komunikasi dengan tim.

*Lampiran dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

*Menggunakan proses e-Discovery untuk membantu pengguna mencari pesan email dengan cepat. 

*Memungkinkan pengguna menambahkan komentar pada thread email, membagi pakai file, mengelola tugas, dan melakukan tagging terhadap tim di satu perusahaan. 

*Dapat diintegrasikan dengan Zoho CRM (Customer Relation Management) untuk mengelola penjualan.

5.Yandex Mail

Jenis: webmail

Fitur unik: penyimpanan gratis di cloud sebesar 10GB

Yandex Mail merupakan layanan penyedia email gratis yang dikembangkan oleh Yandex—salah satu search engine terpopuler yang mempunyai market share sebesar 1,53% di seluruh dunia. Cocok untuk pengguna yang menginginkan email gratis dengan kapasitas penyimpanan besar, Yandex menyediakan fitur yang melimpah. 

*Selain kapasitas cloud storage yang cukup besar, Yandex Mail juga dibekali dengan banyak fitur keamanan yang handal. Beberapa diantaranya adalah seperti spam filtering, built-in antivirus, PIN dan fingerprint, activity, block sender, SSL/TLS connection.

*Pengguna dapat menyimpan email yang dibuat sebagai template, lalu menambahkan template tersebut ke auto-reply, sehingga dapat merespons email dengan lebih mudah hanya dalam sekali klik. 

*Pengguna dapat mengelola seluruh email dalam sebuah folder maupun label. Yang menarik, pengguna nantinya bisa melakukan pencarian berdasarkan folder maupun label tersebut.   

*Yandex Mail juga membekal opsi kustomisasi.Tersedia pula mode gelap atau dark theme untuk mengurangi penggunaan daya perangkat sekaligus memberikan kenyamanan untuk membaca email.