Find Us On Social Media :

Grab Financial Group Luncurkan Sobat Proteksi untuk Penyakit Kritis

By Cakrawala, Rabu, 3 Maret 2021 | 21:00 WIB

Ilustrasi kerja sama Grab Financial Group dan PFI Mega Life untuk menghadirkan Sobat Proteksi melalui aplikasi Grab di Indonesia.

Grab Financial Group beberapa waktu lalu mengumumkan peluncuran Sobat Proteksi di Indonesia. Sobat Proteksi merupakan asuransi untuk penyakit kritis. Sobat Proteksi hadir melalui kerja sama dengan PFI Mega Life dan diklaim sebagai asuransi penyakit kritis pertama untuk masyarakat Indonesia. Ditargetkan untuk melengkapi asuransi kesehatan yang telah dimiliki anggota masyarakat Indonesia secara mudah dan terjangkau, Sobat Proteksi bisa diperoleh melalui aplikasi Grab.

Grab Financial Group menambahkan bahwa peserta asuransi di tanah air masih sedikit. Menurut data dari Badan Pusat Statistik, pada tahun 2019, penetrasi asuransi di Indonesia baru mencapai sekitar 3,03%. Grab Financial Group meyakini salah satu faktornya adalah keterjangkauan. Selain itu, kemudahan seperti kemudahan akses tentu turut berpengaruh. Grab Financial Group meyakini Sobat Proteksi bisa menjadi jawabannya. Bagi yang telah memiliki BPJS pun, Sobat Proteksi bisa menjadi asuransi yang melengkapi.

“Kami peduli kepada komunitas kami dan ingin menciptakan solusi layanan keuangan digital untuk mendukung setiap masyarakat Indonesia beradaptasi dan berkembang dalam keadaan new normal ini. Kami percaya bahwa masyarakat Indonesia dapat lebih terlindungi selama masa-masa sulit ini, di mana perawatan kesehatan terus menjadi prioritas utama. Sobat Proteksi akan menjadi produk inovatif yang mudah diakses oleh masyarakat Indonesia, dengan penawaran harga yang kompetitif di pasar. Dengan harga yang lebih terjangkau, kami mendorong masyarakat Indonesia untuk mendapatkan perlindungan asuransi pada saat-saat yang paling dibutuhkan,” ujar Neneng Goenadi (Country Managing Director of Grab Indonesia).

“Dengan bekerja sama bersama Grab, kami akan melindungi masyarakat Indonesia selama masa-masa sulit ini. Kami selalu merayakan Hari Kanker Sedunia pada tanggal 4 Februari, hari yang mengingatkan kita untuk lebih waspada akan salah satu penyakit kritis ini. Namun di PFI Mega Life, setiap hari selalu menjadi pengingat bagi kami untuk tetap menjaga impian masyarakat dari segala jenis resiko, terutama Penyakit Kritis. Sobat Proteksi, seperti namanya, akan mendorong nasabah untuk menyebarluaskan kabar baik ini dengan komunitas mereka untuk memperoleh keuntungan bersama, tetapi juga menciptakan dampak dan manfaat untuk sosial. Untuk membantu nasabah memahami betapa mudahnya mengakses solusi ini, kami telah menyusun berbagai kampanye untuk mempermudah nasabah mendaftar di program Sobat Proteksi. Melalui peluncuran solusi inovatif yang menarik ini, Sobat Proteksi, PFI Mega Life berkomitmen untuk melindungi kesehatan nasabah Indonesia," sebut Samdarshi Sumit (Presiden Direktur & CEO PT PFI Mega Life Insurance).

Meski biaya yang harus dibayarkan untuk mengikuti Sobat Proteksi berbeda-beda bergantung dari berbagai hal, Grab Financial Group mencontohkan dengan Rp20.000 per bulan anggota masyarakat tertentu di tanah air sudah bisa mengikuti atau bergabung dengan Sobat Proteksi. Adapun pertanggunan dari Sobat Proteksi diklaim mencakup 36 penyakit kritis seperti kanker, penyakit jantung, dan stroke. Peserta Sobat Proteksi yang mengalami penyakit kritis yang dimaksud bisa mendapatkan uang tanggungan sampai Rp100 juta. Uang tanggunan tersebut akan dibayarkan saat peserta bersangkutan didiagnosis. Namun, seperti asuransi lain, terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan uang tanggungan tersebut.

Peserta Sobat Proteksi pun memiliki kemudahan terkait proses klaim. Grab Financial Group menyebutkan bahwa peserta Sobat Proteksi bisa mengetahui informasi terbaru secara real-time mengenai jumlah orang yang bergabung dengan Sobat Proteksi dan jumlah klaim yang dibayarkan. Grab Financial Group menegaskan bahwa fitur seperti ini umumnya tidak tersedia pada asuransi konvensional.

Selain itu, menjadi peserta Sobat Proteksi juga turut membantu sesama, tepatnya Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia. Grab Financial Group menambahkan bahwa untuk setiap polis yang terdaftar, Grab Financial Group akan mendonasikan Rp1.000 kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia tersebut.