Find Us On Social Media :

AMD Umumkan Ketersediaan Prosesor Workstation Ryzen Threadripper PRO

By Dayu Akbar, Kamis, 4 Maret 2021 | 11:56 WIB

Setelah diperkenalkan pada ajang CES 2021 Januari 2021 lalu, AMD akhirnya mengumumkan ketersediaan prosesor desktop untuk workstation yaitu Ryzen Threadripper PRO di seluruh dunia. Terdiri dari Ryzen Threadripper PRO 3995WX, 3975WX, dan 3955WX, prosesor tersebut dirancang untuk workstation profesional, mulai dari OEM hingga integrator sistem."Prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO dibangun dengan tujuan untuk menetapkan standar baru industri performa komputasi workstation profesional," kata Saeid Moshkelani, senior vice president and general manager, AMD Client business unit.Sebagai workstation 64-core pertama di dunia, jajaran Threadripper PRO ini menghadirkan performa dan teknologi bertenaga kelas enterprise untuk kreatif, virtualisasi, ilmu data, dan beban kerja desain yang paling berat saat ini, misalnya saja seperti  seniman dan kreator yang mengembangkan efek visual memukau, hingga arsitek dan insinyur yang bekerja dengan dataset besar dan visualisasi yang kompleks.AMD Ryzen Threadripper Pro menawarkan sejumlah keunggulan dibanding rivalnya, yakni dukungan 128 lane PCIe gen 4 yang menawarkan bandwidth hingga 2,5x jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Prosesor ini juga mendukung penggunaan RAM lebih besar hingga dua kali lipat dibanding kompetitor yaitu hingga 2 TB dan diperkuat 8 channel ECC RDIMM, LRDIMM dan UDIMM DDR4-3200.

Sebagai solusi enterprise, prosesor desktop ini menawarkan tingkat keamanan dan pengelolaan kelas enterprise terintegrasi. Keamanan dengan teknologi AMD PRO ini memiliki beberapa fitur seperti AMD PRO security yang merupakan fitur keamanan bawaan yang berlapis untuk membantu melindungi data sensitif. Begitu pula dengan AMD Memory Guard yang menyertakan enkripsi memori penuh untuk membantu mencegah serangan fisik pada data sensitif.

Untuk harganya, AMD merekomendasikan Ryzen Threadripper Pro 3995WX dengan harga US$5.489, Ryzen Threadripper Pro 3975WX seharga US$2.749, dan Ryzen Threadripper Pro 3955WX dengan harga US$1.149.