Sepanjang tahun 2020, kategori F&B menjadi salah satu kategori paling populer di platform marketplace Tokopedia.
Menurut data internal, bahkan kategori tersebut mengalami peningkatan transaksi sebesar 3x lipat dibandingkan periode sebelum pandemi.
Produk seperti telur, ikan, mie instan, teh, madu dan kopi lokal menjadi yang paling diburu masyarakat.
Melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap permintaan produk di kategori tersebut, Tokopedia merilis TokoMart.
TokoMart merupakan halaman khusus yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mempermudah masyarakat mendapatkan kebutuhan sehari-hari - mulai dari produk sembako, makanan dan minuman hingga kebutuhan rumah tangga lainnya - dari penjual terdekat.
Hartawan Lesmana, Merchant Development Senior Lead Tokopedia mengungkapkan, “Kami berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, dalam hal ini pegiat usaha di Indonesia - mulai dari Hypermart, LotteMart Indonesia, Sayurbox hingga sejumlah UMKM lokal dari berbagai industri - untuk menyediakan lebih dari 200 ribu pilihan produk di halaman Tokomart."
Baca Juga: Siapakah Penguasa Industri Marketplace di Indonesia?
Di sisi lain, kehadiran TokoMart dapat membantu para pegiat usaha menjangkau masyarakat dengan lebih tepat karena inovasi teknologi geo-tagging memprioritaskan penjual terdekat dari domisili pembeli. Setiap pegiat usaha pun menjadi lebih mudah memaksimalkan penjualan.
Pada fase pertama, inovasi geo-tagging ini sudah berlaku untuk pegiat usaha yang bergabung dengan Tokomart dari wilayah Jabodetabek dan Bandung.
“Tokopedia akan terus menambahkan wilayah lainnya agar kemudahan ini segera dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia,” kata Hartawan.
Selain bisa mendapatkan ongkir lebih murah, masyarakat bisa menikmati nilai tambah lain setiap harinya untuk membuat belanja semakin hemat.
Misalnya flash sale, cashback dan diskon hingga 50%. Ada juga Bebas Ongkir untuk berbagai jenis pengiriman.
Untuk informasi lainnya, masyarakat bisa mencari atau mengakses TokoMart lewat kolom pencarian di Tokopedia.
“Ke depannya, Tokopedia akan terus berkolaborasi bersama para mitra strategis untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih lengkap, mudah dan hemat bagi masyarakat. Upaya bersama ini bisa mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pelaku usaha, sekaligus membantu pemulihan ekonomi nasional,” pungkas Hartawan.
Baca Juga: Lokalisasi Gim jadi Kunci Pertumbuhan Industri Digital di Indonesia