Find Us On Social Media :

Perbandingan Spek dan Harga Oppo A12 vs Oppo A31, Pilih Mana?

By Adam Rizal, Rabu, 3 Maret 2021 | 15:45 WIB

OPPO A12

Bicara mengenai smartphone memang tak pernah ada habisnya. Semua brand berlomba-lomba untuk memproduksi smartphone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti salah satunya Oppo A12 ini. Pastinya Anda pun sudah tidak asing dengan brand smartphone satu ini, bukan?

Untuk varian Oppo A12 ini ternyata hanya di banderol satu jutaan namun dengan bujet itu Anda sudah bisa menikmati smartphone dengan RAM 3 GB.

Dua bulan sebelum perilisan Oppo A12 ini, Oppo terlebih dahulu merilis seri Oppo A31 yang tepatnya rilis pada Februari 2020. Untuk Oppo A31 sendiri di banderol dengan harga yang lebih tinggi yaitu sekitar 2 jutaan. Nah, dengan harga yang lebih tinggi ini pastinya teknologi yang disematkan di dalamnya pun berbeda dengan Oppo A12. Kira-kira apa saja yang membedakan kedua seri smartphone ini, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Ketahui Perbandingan Oppo A12 dan Oppo A31

Membandingkan dua hal menjadi solusi untuk memilih mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan melakukan perbandingan, Anda akan lebih memahami karakteristik kedua hal tersebut. Seperti yang ada di bawah ini, perbandingan antara Oppo A12 dan Oppo A31 ini semoga akan membantu untuk memilih smartphone terbaik versi Anda.

  1. Tampilan Fisik

Secara fisik, dari bagian layarnya saja kedua smartphone ini sudah bisa berbeda. Untuk Oppo A12 berukuran 6.22 inchi dan menggunakan layar jenis IPS beresolusi HD+ 1560 x 720 piksel. Aspek rasionya adalah 20:9 dengan kerapatan layar mencapai 276 piksel tiap inchinya. Untuk dimensinya, smartphone ini berukuran 155.9 x 75.5 x 8.3 mm dengan berat mencapai 165 gram.

Untuk Oppo A31, ukuran layarnya adalah 6.5 inci dan sama-sama menggunakan layar jenis IPS. Untuk resolusi layarnya HD+ 1600 X 720 piksel dengan kerapatan layar 269 piksel tiap inci dan ukuran aspek rasio yang sama seperti Oppo A12. Sementara untuk ukuran fisik smartphone ini adalah 163.9 x 75.5 x 8.3 mm dan lebih berat 15 gram daripada A12, yaitu 180 gram. Nah, untuk pelindungnya kedua smartphone ini menggunakan anti-gores yang sama yaitu Corning Gorilla Glass 3.

  1. Desain Smartphone

Layaknya smartphonekeluaran Oppo lainnya, Oppo A12 ini juga memiliki desain yang unik dimana bagian belakangnya mempunyai aksen berlian dengan dua pilihan warna, biru dan hitam. Dengan desain tersebut pastinya smartphone ini akan terlihat lebih elegan dan modis serta bisa membuat Anda lebih percaya diri. Nah, karena cover belakang smartphone ini tidak menggunakan material glossy maka Anda tak perlu khawatir jika covernya mudah tergores ataupun terlepas saat digenggam.

Sementara itu, untuk Oppo A31 ini juga menyediakan dua pilihan warna yaitu mystery black dan fantasy white. Desain yang digunakan untuk Oppo A31 ini adalah jenis build quality dengan konstruksi yang pas dan menarik serta memberikan kesan premium ketika dipegang. Pihak Oppo sendiri menyebut desain cover belakang smartphonenya ini sebagai komposit dengan tipe tempered glass. 

  1. Kamera

Oppo dikenal sebagai smartphone dengan kualitas kamera yang mumpuni sehingga banyak diburu orang. Nah, di Oppo A12 ini disematkan dua kamera belakang dengan kamera utama berukuran 13 MP dan kamera kedua sebesar 2 MP yang digunakan untuk depth sensor. Untuk fiturnya, kamera di Oppo A12 ini dilengkapi dengan lampu LED flash, panorama, dan HDR. Sementara untuk kamera depannya, Oppo A12 dilengkapi dengan kamera berukuran 5 MP lengkap dengan fitur HDR juga.

Untuk Oppo A31 kamera belakangnya dilengkapi dengan 3 buah lensa dengan kamera utama berukuran 12 MP, kamera kedua 2 MP untuk makro, dan 2 MP lagi untuk depth sensor. Untuk fitur-fitur kamera belakangnya masih sama dengan Oppo A12 namun untuk kamera depannya, Oppo A31 ini memiliki ukuran yang lebih besar yaitu 8 MP dan juga terdapat fitur HDR-nya. Nah, kamera belakang kedua smartphone ini sama-sama bisa merekam video berkualitas Full HD.

  1. Dapur Pacu

Untuk mendukung kinerjanya, Oppo A12 ini didukung dengan chipset dari Mediatek MT6765V Helio P35. Bagian CPU-nya didukung octa-core dan grafisnya menggunakan PowerVR GE8320. Di bagian RAM dan memori internal terdapat dua pilihan yaitu 32/3 GB dan 64/4 GB. Nah, jika data-data yang Anda simpan ukurannya besar dan merasa kapasitas memori internal yang tersedia tidak cukup, tak perlu khawatir karena smartphone ini masih menyediakan slot microSDXC hingga 256 GB.

Sementara itu, untuk Oppo A31 menggunakan chipset Mediatek MT6765V/CB Helio P35 dengan jenis CPU dan grafis yang sama seperti di Oppo A12. Nah, yang membedakan adalah di bagian pilihan RAM dan memori internal dimana terdapat tiga pilihan yaitu 64/4 GB, 128/4 GB, dan 128/6 GB. Di bagian sistem operasinya, kedua smartphone ini menggunakan jenis sistem operasi yang sama yaitu Android 9.0 Pie dengan ColorOS 6.1.

  1. Fitur Andalan

Walaupun di banderol dengan harga satu jutaan, Oppo A12 ini juga didukung dengan beberapa fitur unggulan seperti smart assistant yang mempermudah Anda untuk membuka aplikasi. Fitur kedua yang disematkan adalah smart sidebar yang juga membantu Anda melakukan multitasking. Untuk menggunakan fitur ini Anda cukup menggeser ikon garis putih di sebelah kanan ke sebelah kiri. Dengan adanya fitur ini Anda bisa lebih cepat menemukan file, membuka kamera, dan lainnya.

Tidak mau kalah, Oppo A31 yang rilis lebih awal juga dilengkapi fitur-fitur menarik. Di bagian kameranya, tersemat fitur menarik bernama portrait bokeh yang membuat fokus subjek foto bisa ditemukan lebih cepat. Selain itu, lima filter kamera juga siap membuat foto Anda jadi lebih menarik. Masih dengan fitur di kamera, ada dazzle color mode yang membuat hasil foto Anda menjadi lebih berwarna sehingga tampak lebih menarik.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone Android

Saat ini hampir semua orang membutuhkan smartphone, baik untuk bekerja, berkomunikasi, maupun untuk hal lain. Nah, karena beragamnya tujuan kita menggunakan smartphone pastinya penting untuk memperhatikan hal-hal di bawah ini saat membeli smartphone agar bisa mendapatkannya sesuai dengan kebutuhan.

  1. Prosesor

Sebagai otak dari smartphone, hal pertama yang harus Anda perhatikan saat membelinya adalah prosesornya. Makin bagus kualitas prosesornya sudah pasti makin baik kinerja smartphone Anda. Beberapa merk prosesor kualitas terbaik yang bisa Anda pilih misalnya Nvidia Tegra, Exynos, dan Qualcomm Snapdragon. Anda bisa memilih merk ini jika memiliki bujet lebih, namun jika bujetnya pas-pasan bisa memilih Mediatek atau Intel.

Untuk chipsetnya, pilihlah seri tertingginya dan pastika clockspeed-nya juga tinggi minimal 1 GHz. Tak lupa, pastikan untuk memperhatikan inti core pada prosesornya. Pilihlah minimal smartphone dengan inti core 2 core atau disebut juga dualcore, yang pasti makin banyak pastinya juga makin bagus. Pilih arsitektur yang paling modern dan fabrikasi dengan ukuran yang paling kecil serta paling canggih. Di bagian cache-nya pastikan berukuran besar serta bisa bekerja dengan cepat.

  1. RAM

Prosesor dan RAM adalah dua bagian dalam smartphone yang saling membutuhkan. RAM ini berfungsi sebagai penyimpanan yang akan mempermudah multitasking Anda. Nah, makin banyak aplikasi yang digunakan pastinya ukuran RAM yang besar juga akan semakin mempermudah terselesaikannya pekerjaan Anda. Dan sebaliknya, makin kecil ukurannya sudah pasti smartphone akan lebih lambat bahkan membuat aplikasi sering menutup sendiri. 

Nah, karena keberadaan RAM yang cukup penting dalam smartphone pastikan untuk memilih RAM dengan kapasitas minimal 1 GB. Selain ukurannya, pilihlah seri RAM seperti LPDDR2, LPDDR3, LPPDDR4 atau seri lainnya, yang pasti makin tinggi serinya makin bagus kualitasnya. Terakhir, pastikan RAM yang Anda pilih memiliki frekuensi tinggi.

  1. GPU

GPU adalah kepanjangan dari Graphics Processing Unit yang berfungsi untuk mengatur grafis smartphone. Kualitas grafis yang bagus pastinya membuat tampilan smartphone jadi tidak mudah lag. Di samping itu, kualitas GPU yang bagus pastinya akan membuat Anda lebih puas saat melihat tampilan di smartphone karena hasil gambar akan terlihat lebih jelas.

Untuk mendapatkan grafis yang berkualitas, Anda bisa memilih Adreno, Mali, Nvidia Tegra, PowerVR, atau yang lainnya. Selain itu, pastikan grafis yang Anda pilih adalah seri tertinggi di tiap tipenya. Pastikan juga clockspeednya tinggi minimal 500 MHz serta memiliki core dengan jumlah banyak.

  1. Tampilan layar

Sebagai bagian dalam smartphone yang berfungsi menampilkan semua aktivitas Anda, pastinya dibutuhkan kualitas layar yang baik. Nah, untuk mendapatkan kualitas layar smartphone yang bagus pastikan untuk memilih jenis layar Super Amoled, TFT, atau IPS. Di samping itu, pastikan untuk memilih layar dengan kerapatan layar yang tinggi. Semakin tinggi kerapatan layar, makin jelas informasi yang Anda lihat.

Resolusi layar juga menjadi hal yang harus Anda pertimbangkan dengan baik, setidaknya pilihlah resolusi layar smartphone HD 720 x 1280 ke atas. Atau jika Anda memiliki bujet lebih bisa memilih smartphone dengan resolusi 2K atau 4K. Tak ketinggalan, pastikan untuk memilih layar smartphone yang sudah dilengkapi dengan antigores seperti Dragontail, Gorilla Glass, atau yang lainnya.

  1. Memori internal

Selain RAM, ada pula memori internal yang menjadi salah satu pertimbangan saat membeli smartphone. Keberadaan memori internal di dalam smartphone ini berfungsi sebagai media penyimpanan file-file Anda mulai dari gambar, musik, video, dokumen dan lainnya. Makin besar kapasitas memori internalnya pasti Anda pun bisa menyimpan lebih banyak file di smartphone.

Nah, untuk memilih memori internal pastikan setidaknya berkapasitas 32 GB karena memori internal di smartphone saat ini juga digunakan untuk menampung file berupa aplikasi. Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah memastikan apakah smartphone tersebut menyediakan slot untuk memori eksternal atau tidak. Tujuannya agar Anda bisa menyimpan file di memori eksternal sebagai solusi saat memori internal penuh.

Melalui penjelasan di atas pastinya Anda bisa lebih mudah menentukan apakah harus memilih Oppo A12 atau A31. Pastikan untuk memahami spesifikasi kedua smartphone tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan serta bujet yang Anda miliki. Perhatikan juga tips memilih smartphone di atas karena hanya dengan dukungan komponen yang mumpuni pastinya juga akan menghasilkan kinerja smartphone yang mumpuni.