Find Us On Social Media :

Microchip Luncurkan Adaptor PoE ke USB Type-C untuk Daya dan Data

By Cakrawala, Kamis, 4 Maret 2021 | 11:00 WIB

Microchip meluncurkan adaptor PoE ke USB Type-C yang disebut PD-USB-DP60.

Microchip belum lama ini meluncurkan secara global adaptor PoE (power over Ethernet) ke USB Type-C yang bisa "meneruskan" daya dan data. Microchip PD-USB-DP60 tersebut akan mengubah daya dan data pada porta Ethernet yang merupakan porta masukan menjadi daya dan data yang sesuai pada porta USB Type-C yang merupakan porta keluaran. Dengan PD-USB-DP60, Microchip mengklaim pengguna bisa mendapatkan jangkauan lebih jauh yang ditawarkan Ethernet dibandingkan USB pada umumnya.

Adapun jangkauan lebih jauh itu merujuk pada panjang kabel. Umumnya kabel Ethernet dengan panjang sampai seratus meter bisa digunakan tanpa masalah untuk menghantarkan daya dan data; sesuatu yang tidak dimungkinkan oleh kabel USB kebanyakan. Microchip menegaskan bahwa dengan PD-USB-DP60, batasan tiga meter dari sumber daya yang sering menjadi persyaratan suatu perangkat USB Type-C tidak lagi menjadi hambatan.

“Perangkat baru ini ideal untuk menyebarkan perangkat USB-C dengan mudah dan menyediakan daya dan konektivitas data jarak jauh untuk mereka,” sebut Iris Shuker (Direktur Unit Bisnis PoE Microchip). “Adaptor ini dibuat menggunakan IC USB Power Delivery dan chipset PoE Microchip , serta merupakan pasangan yang sempurna dengan injector dan midspan PoE terbaru kami,” imbuhnya.

Microchip mengklaim PD-USB-DP60 bisa menerima daya masukan sampai 90 W pada porta Ethernet-nya untuk diubah menjadi daya keluaran sampai 60 W pada porta USB Type-C-nya. Microchip menambahkan adaptor PoE ke USB Type-C-nya tersebut mendukung IEEE 802.3af/at/bt dan juga standar PoE legacy. Namun, berhubung PD-USB-DP60 adalah adaptor, untuk mendapatkan daya keluaran 60 W tentu membutuhkan daya masukan yang lebih dari 60 W.

Alhasil, menggunakan PoE switch yang misalnya mendukung IEEE 802.3af saja maupun sampai IEEE 802.3at saja, PD-USB-DP60 hanya bisa memberikan daya keluaran yang kurang dari 60 W. Pasalnya, IEEE 802.3af hanya sampai 15,4 W dan IEEE 802.3at hanya sampai 30 W. Bahkan, 802.3bt Type 3 pun hanya sampai 60 W yang sewajarnya tidak bisa membuat PD-USB-DP60 menghasilkan daya keluaran 60 W berhubung ada rugi-rugi alias ada daya listrik yang terdisipasi.

Microchip PD-USB-DP60 sendiri telah tersedia. Harga per unitnya adalah US$100.