Find Us On Social Media :

Qualcomm Luncurkan Snapdragon Sound untuk Tingkatkan Audio Nirkabel

By Cakrawala, Jumat, 5 Maret 2021 | 23:30 WIB

Qualcomm Snapdragon Sound.

 

Qualcomm kemarin meluncurkan secara resmi Snapdragon Sound yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas audio nirkabel, tepatnya yang menggunakan Bluetooth. Qualcomm menyebutkan Snapdragon Sound merupakan suatu rangkaian inovasi dan peranti lunak audio yang dioptimalkan dan dirancang untuk memberikan suara yang mulus dan imersif di seluruh perangkat, termasuk smartphone dan headphone/headset secara nirkabel. Dengan kata lain, Qualcomm mengklaim Snapdragon Sound memungkinkan kualitas audio dari perangkat yang terkoneksi secara nirkabel "setara" atau mendekati kualitas audio dari perangkat yang terkoneksi melalui kabel. Biasanya, kualitas audio melalui nirkabel tertinggal dari kabel karena keterbatasan nirkabel tersebut.

“Telinga manusia sangat sensitif terhadap gangguan, latensi, dan beberapa masalah audio lain yang biasanya terjadi saat streaming musik, melakukan konferensi video, atau bermain game melalui koneksi nirkabel. Dengan fokus end-to-end, kami berupaya menghadirkan inovasi untuk menyelesaikan masalah umum konsumen di hampir semua titik interaksi audio,” jelas James Chapman (Vice President and General Manager, Voice, Music and Wearables, Qualcomm Technologies International, Ltd).

Seperti telah disebutkan, Qualcomm Snapdragon Sound mencakup banyak komponen. Qualcomm menjelaskan bahwa terdapat delapan komponen utama dari Snapdragon Sound. Berikut kedelapan komponen utama Snapdragon Sound tersebut menurut Qualcomm.

“Qualcomm Technologies berada di posisi strategis untuk memberikan teknologi yang luar biasa kepada konsumen Qualcomm dengan Snapdragon Sound dan membantu mereka dengan mempercepat komersialisasi produk yang dilengkapi oleh kualitas suara yang canggih. Pendekatan system-level kami menggabungkan beberapa teknologi dan produk terbaru dari seluruh portofolio platform seluler dan audio Qualcomm untuk mencapai visi kami dalam menghadirkan audio berkualitas kabel dengan resolusi tinggi, secara nirkabel,” sebut James Chapman.

Selain itu, Qualcomm menambahkan bahwa semua perangkat yang mengusung Snapdragon Sound akan diuji interoperabilitasnya di fasilitas pengujian khusus Qualcomm di Taiwan. Adapun perangkat yang mengusung Qualcomm Snapdragon Sound akan memiliki tanda khusus berupa lencana Qualcomm Snapdragon Sound. Dengan kata lain, pengguna yang ingin memastikan beroleh manfaat dari Qualcomm Snapdragon Sound perlu untuk memastikan seluruh perangkat yang digunakannya untuk keperluan itu memiliki lencana Qualcomm Snapdragon Sound.

Perangkat dengan Qualcomm Snapdragon Sound sendiri ditargetkan mulai hadir pada akhir tahun 2021 ini. Adapun perangkat awal yang akan tersedia adalah smartphone dan headphone/headset. Perangkat lain seperti laptop dan smartwatch menyusul kemudian.

Manfaat Snapdragon Sound yang diklaim Qualcomm.