Find Us On Social Media :

TikTok Gelar TikTok Fashion Month Sepanjang Bulan Maret 2021

By Indah PM, Minggu, 7 Maret 2021 | 10:00 WIB

TikTok Fashion Month

Setelah mengadakan fashion show virtual pertama di Indonesia, platform distribusi video singkat TikTok, kini menyelenggarakan program "TikTok Fashion Month" untuk merayakan konten dan kreator fesyen di TikTok.

TikTok tidak hanya terinspirasi oleh para desainer, tapi juga komunitas kreator TikTok yang berpartisipasi dalam menghadirkan konten fesyen, bahkan memulai tren tersendiri.

Lantas bagaimana para kreator ini menampilkan kreativitas mereka melalui berbagai tantangan fesyen dan kecantikan? Berikut ini beberapa ide para kreator TikTok.

 

Transisi Before and After

Fitur efek transisi TikTok memungkinkan kreator untuk menunjukkan penampilan sebelum dan sesudah. Cindercella (@cindercella) dan Dwynna Win (@dwynnawin) memperlihatkan penampilan sederhana yang bertransisi ke penampilan yang lebih menarik dengan mengaplikasikan fesyen dan makeup pada fitur TikTok.

Inspirasi Fesyen ala TikTok

Kreator TikTok, Niky Cu (@nikycu) dan Steffi Santa (@steffisanta) terkenal dengan konten inspirasi feysen. Perbedaannya, Niky lebih berfokus pada inspirasi fesyen laki-laki, sedangkan Steffi lebih berfokus pada inspirasi fesyen wanita. Dalam video keduanya, mereka banyak memanfaatkan fitur transisi TikTok dan voice over sehingga memudahkan penonton untuk mendapat bayangan penampilan mereka secara visual beserta tips and trick secara langsung. Semua proses editing pun dilakukan hanya dalam satu aplikasi TikTok.

Inspirasi Makeup ala TikTok

Beauty hacks adalah kunci agar makeup atau dandanan bisa lebih maksimal dan optimal. Kreator TikTok, Sarah Sabrina (@sabrinaisarah) berbagi tiga beauty hacks yang paling efektif untuk pengguna yang menggunakan makeup dengan TikTok.

Selain itu, menggunakan format video vertikal atau layar penuh pada tampilan ponsel pintar, informasi terkemas menjadi lebih menarik dan engaging.

Tren Makeup Lama vs Tren Makeup 2021

Tren makeup pastinya berubah seiring berkembangnya produk kecantikan dan hadirnya konten kreator khusus beauty. Kreator TikTok Fathi (@nrmfathi) menunjukkan kemampuannya sebagai makeup artist melalui video transisi makeup zaman dulu versus zaman sekarang dengan cara yang kreatif.

 

Program TikTok Fashion Month berlangsung sepanjang bulan Maret di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Di panggung internasional, TikTok bekerjasama dengan IMG, La Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM) penyelenggara Paris Fashion Week, dan British Fashion Council.

Di Indonesia, TikTok berkolaborasi dengan rumah desainer Barliasmara, merek kecantikan Dear Me Beauty, dan penyanyi Rahmania Astarini, untuk menghadirkan berbagai aktivitas seru berkaitan dengan konten fesyen dan beauty.

"Di program TikTok Fashion Month ini, kami akan memberikan pengalaman yang lebih inklusif lagi kepada kreator. Program ini bukan hanya selebrasi fashion, tapi juga para desainer, model, dan kreator," pungkas Angga Anugrah Putra (Head of User and Content Operations TikTok Indonesia).