Find Us On Social Media :

Inikah Alasan Apple Hentikan Penjualan iMac Pro?

By Indah PM, Minggu, 7 Maret 2021 | 13:00 WIB

Apple iMac 27

Bagi Anda yang mengidamkan membeli iMac Pro untuk urusan pekerjaan, sekaranglah saatnya. Pasalnya Apple bakal menghentikan penjualan iMac Pro. Seperti dilansir dari Engadget, Minggu (7/3/2021), Apple telah mengkonfirmasi akan menghentikan penjualan workstation all-in-one-nya.

Saat ini pembeli masih dapat membeli, tetapi itu pun terbatas pada konfigurasi dasar Xeon 10 core dan hanya "selama persediaan masih ada". Konsumen pun harus bersabar, karena pesanan dapat memakan waktu tiga sampai empat minggu sejak berita ini ditulis.

Apple mengkonfirmasi kepada Engadget bahwa sebagian besar pelanggan pro kemungkinan akan puas dengan iMac 2020 kelas atas, yang secara standar telah menggunakan SSD dan memanfaatkan cip grafis yang lebih baru, memori utama sampai 128 GB, dan opsi tampilan tekstur nano yang mengurangi silau.

Tidak jelas apakah atau kapan akan ada penggantinya. iMac Pro diperkenalkan pada akhir 2017 sebagai sistem sementara yang efektif ketika pelanggan kelas atas menunggu Mac Pro yang didesain ulang.

Sementara itu, Apple memang menaikkan spesifikasi dasar dari CPU 8 core menjadi 10 core. iMac sebagian besar berguna bagi pengguna pro yang membutuhkan perangkat yang relatif mudah untuk memindahkan tugas-tugas, seperti pengeditan foto dan video yang terpasang.

Saat ini, iMac Pro menghadapi masa depan yang tidak pasti. Transisi Apple ke silikon internal pasti akan mendorong pemikiran ulang tentang strategi sistem profesional perusahaan.

Rumor yang telah beredar menyebutkan, iMac masa depan akan hadir sampai 16 core berkecepatan tinggi, belum lagi desktop mini Mac Pro. Jika benar, maka penghentian penjualan iMac Pro tidak perlu diratapi. Apalagi jika penerus iMac Pro nantinya dapat mengisi kekosongan versi sebelumnya.