Find Us On Social Media :

SK hynix Mulai Produksi Massal LPDDR5 dengan Kapasitas 18 GB

By Cakrawala, Selasa, 9 Maret 2021 | 20:00 WIB

Cip LPDDR5 dari SK hynix.

SK hynix baru-baru ini mengumumkan mulainya produksi massal LPDDR5-nya yang berkapasitas 18 GB. Ditujukan untuk smartphone, SK hynix mengklaim paket LPDDR5 berkapasitas 18 GB-nya itu sebagai paket LPDDR5 dengan kapasitas terbesar di industri. Dengan dimulainya produksi massal LPDDR5 dengan kapasitas 18 GB dari SK hynix, para produsen smartphone di dunia akan bisa menggunakan memori utama atau biasa disebut RAM berkapasitas 18 GB dengan lebih mudah. Beberapa smartphone masa kini sendiri sudah menggunakan memori utama berkapasitas 16 GB maupun 12 GB. Namun, SK hynix mengklaim kapasitas 18 GB yang lebih besar bisa meningkatkan kinerja smartphone.

"Produk ini akan meningkatkan kecepatan pemrosesan dan kualitas gambar dengan memperluas ruang penyimpanan data sementara, sejalan dengan peningkatan kapasitas dibandingkan produk 16 GB sebelumnya," sebut SK Hynix melalui perwakilan resmnya.

Tak hanya kapasitas yang lebih besar, SK Hynix menambahkan bahwa LPDDR5 berkapasitas 18 GB-nya tersebut juga memiliki frekuensi kerja efektif alias clock efektif yang lebih tinggi dari produk sebelumnya. SK Hynix menyebutkan LPDDR5 berkapasitas 18 GB-nya berjalan dengan kecepatan 6.400 Mbps, lebih cepat sekitar 20% dibandingkan produk sebelumnya yang berjalan pada kecepatan 5.500 Mbps dan digunakan berbagai smartphone.

Adapun produsen smartphone pertama yang akan menggunakan LPDDR5 berkapasitas 18 GB dari SK hynix adalah ASUS. ASUS akan menggunakan LPDDR5 tersebut pada smartphone ROG (Republic of Gamers) Phone 5-nya. ROG Phone 3 yang kini masih menjadi andalan ASUS sendiri memiliki memori utama LPDDR5 sampai 16 GB.