Find Us On Social Media :

TrendForce Prediksikan Produksi Smartphone Tetap Tinggi Kuartal Ini

By Cakrawala, Rabu, 10 Maret 2021 | 10:00 WIB

Ilustrasi penggunaan smartphone.

TrendForce baru saja menyampaikan prediksinya akan produksi smartphone secara global untuk kuartal pertama 2021. Menurut TrendForce volume produksi smartphone di dunia pada kuartal ini akan tetap tinggi, berbeda dengan kebiasaan yang terjadi pada kuartal pertama tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, volume produksi smartphone secara global pada kuartal pertama akan menurun drastis dibandingkan kuartal sebelumnya. Pasalnya, kuartal keempat merupakan masa puncak berhubung masa bagi sebagian besar masyarakat di dunia untuk membeli perangkat baru dalam menyambut hari libur seperti Natal dan Tahun Baru.

Nah, Meski tetap turun, TrendForce memperkirakan besarnya penurunan volume produksi smartphone secara global pada kuartal pertama 2021 dibandingkan kuartal keempat 2020 jauh di bawah 10%. TrendForce meyakini penyebabnya adalah penjualan iPhone seri 12 yang tinggi dan strategi produksi smartphone yang agresif oleh merek asal Cina. Yang terakhir ini diyakini TrendForce dipicu oleh sanksi yang diterima oleh Huawei. Adapun tingginya penjualan iPhone seri 12 dipercaya TrendForce berkat kehadiran model-model 5G dan strategi harga yang agresif.

TrendForce meprediksikan produksi smartphone di dunia pada kuartal pertama 2021 akan mencapai sebanyak 342,1 juta unit. Dibandingkan kuartal keempat 2020 yang mencapai sebanyak 363,6 juta unit, penurunan yang terjadi "hanya" sekitar 5,91%. Dibandingkan kuartal pertama 2020 sendiri, peningkatan yang terjadi adalah dratis, yakni sekitar 25%. TrendForce menambahkan bahwa biasanya penurunan volume produksi smartphone secara global pada kuartal pertama dibandingkan kuartal keempat tahun sebelumnya adalah sekitar 20%.

Adapun produsen smartphone dengan pangsa pasar tertinggi di dunia berdasarkan volume produksi pada kuartal pertama 2021, tentunya menurut perkiraan TrendForce, adalah Samsung. Sebelumnya, pada kuartal keempat 2020, juga menurut perkiraan TrendForce, posisi tersebut ditempati Apple. Pada kuartal pertama 2021, TrendForce memprediksikan Samsung dan Apple bertukar tempat. Sementara, untuk produsen smartphone dengan pangsa pasar tertinggi berikutnya pada kuartal pertama 2021, TrendForce mempredisikan urutannya adalah Xiaomi, OPPO, vivo, dan Huawei.

Besarnya pangsa pasar masing-masing produsen dari posisi pertama sampai keenam pada kuartal bersangkutan menurut TrendForce adalah 18,1%, 15,8%, 15,2%, 15,1%, 10,2%, dan 7,7%. Sekadar informasi, OPPO yang disebutkan TrendForce di sini mencakup OPPO, OnePlus, dan realme, Dengan kata lain, pangsa pasar 15,1% itu merupakan gabungan ketiganya. Lebih lengkapnya mengenai pangsa pasar produsen smartphone di dunia menurut volume produksi pada kuartal pertama 2021 bisa dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1. Pangsa pasar produsen smartphone di dunia berdasarkan volume produksi pada kuartal pertama 2021 menurut TrendForce.