Find Us On Social Media :

Raditya Beer: Bawa Indonesia ke Panggung Global Lewat WIB Tokopedia

By Rafki Fachrizal, Rabu, 10 Maret 2021 | 13:45 WIB

Raditya Beer (Head of Brand and Social Media Tokopedia)

Program Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show yang rutin diadakan tanggal 25 setiap bulannya, merupakan salah satu program sukses yang dimiliki platform marketplace Tokopedia.

Penampilan pengisi acaranya, seperti artis Korea Selatan yaitu BTS dan BLACKPINK, telah ditonton lebih dari 15 juta kali lewat platform Tokopedia Play dan YouTube resmi Tokopedia, bahkan sempat pula menempati trending topic di Indonesia hingga dunia.

Di balik kesuksesan program WIB TV Show, ada salah satu sosok yang berperan penting yaitu Raditya Beer (Head of Brand and Social Media Tokopedia).

Raditya bertanggung jawab atas kampanye pemasaran dan proses kreatif, yang mencakup pemilihan pengisi acara, penentuan konten eksklusif yang akan dihadirkan, dan masih banyak lagi.

Ia berkolaborasi dengan puluhan Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) yang dipimpinnya di tim Brand dan Social Media Tokopedia dalam menghadirkan beragam inisiatif.

“Kami di Tokopedia selalu berupaya menghadirkan inisiatif yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan, serta tren yang ada. Sejalan dengan salah satu DNA Tokopedia, yaitu Focus on Consumer,” ujar Raditya.

Baca Juga: Tina Lusiana: Memastikan Data Berikan Business Value Maksimal

“Lewat kolaborasi dengan BTS dan BLACKPINK, misalnya. Ini adalah upaya Tokopedia untuk tetap relevan dengan pasar Indonesia di mana Korean Wave semakin diminati masyarakat, terutama anak muda,” tambah Raditya.

Ia pun percaya bahwa kerja sama dengan mega bintang global seperti ini juga mampu lebih membawa nama Indonesia ke panggung global.

Di sisi lain, Raditya membagikan tips untuk berkarya di industri digital yang sangat dinamis seperti saat ini.

“Talenta digital harus terus memiliki rasa penasaran yang tinggi agar tidak berhenti belajar dan bisa berpikir jauh ke depan. Dalam hal pemasaran digital, dibutuhkan pula kecepatan dalam mengadopsi platform media sosial baru agar selalu bisa menjadi solusi yang relevan bagi audience,” tuturnya.

“Kami selalu mengedepankan ketulusan berbagi seperti seorang guru dan kerendahan hati untuk terus belajar seperti seorang murid karena semua orang punya potensi jika diberikan kesempatan yang sama,” jelas Raditya lagi.

Lewat sederet kolaborasi dan inovasi yang dihadirkan oleh Raditya dan tim, Tokopedia sempat dianugerahi penghargaan sebagai Best Brand Voice 2020 oleh Twitter.

Baca Juga: Arrad Fajri dan Mimpi Mengantarkan Oleh-oleh dari Pelosok Negeri