Find Us On Social Media :

Zenius Hadirkan Grand Try-Out yang Tawarkan Beasiswa dan Hadiah Lain

By Cakrawala, Kamis, 11 Maret 2021 | 20:30 WIB

Ilustrasi aplikasi Zenius.

Zenius kemarin mengumumkan perihal kehadiran Zenius GTO (Grand Try-Out) yang akan dilaksanakan mulai bulan Maret 2021 ini. Zenius GTO ditujukan untuk siswa kelas 12 dan gap year di Indonesia yang ingin melakukan uji coba atau try out UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) — tes untuk masuk perguruan tinggi. Zenius GTO sendiri dilaksanakan secara daring dan tanpa dipungut biaya alias gratis. Zenius menambahkan bahwa GTO ini menggunakan sistem penilaian IRT (item response theory) yang merupakan sistem yang digunakan pada UTBK tahun lalu.

Menariknya lagi, Siswa yang mengikuti Zenius GTO berkesempatan untuk memenangkan beasiswa pendidikan dan berbagai hadiah lainnya. Zenius GTO menawarkan beasiwa untuk lima puluh siswa dengan nilai terbaik. Adapun nilai total hadiah yang ditawarkan Zenius mencapai miliaran rupiah.

“Sistem IRT merupakan tantangan tersendiri untuk peserta UTBK karena sistem ini memberikan bobot yang berbeda untuk tiap soal. Bobot soal akan lebih rendah bila banyak siswa dapat menjawab dan sebaliknya, bobot soal akan lebih tinggi jika hanya segelintir siswa yang bisa menjawabnya,” jelas Rohan Monga (Chief Executive Officer Zenius). “Zenius melihat try out sebagai ajang penting bagi siswa untuk mengukur kemampuannya dan menentukan target program studi nanti. Antusiasme siswa dapat terlihat dari jumlah peserta try out di tahun 2020 lalu, yang mencapai 65.000 peserta. Oleh karena itu, kami menyiapkan sebuah simulasi UTBK yang mendekati aslinya serta menyiapkan berbagai hadiah dan beasiswa untuk memotivasi para siswa,” tambahnya.

Selama pelaksanaan GTO, Zenius akan menampikan papan peringkat atau leaderboard secara daring. Papan peringkat tersebut akan menampilkan penilaian dari setiap sesi Zenius GTO, termasuk pencapaian tertentu seperti siswa dengan nilai tertinggi dan waktu pengerjaan tercepat.

Pendaftaran Zenius GTO sudah bisa dilakukan sejak 15 Februari 2021 lalu. Pendaftaran Zenius GTO dilakukan melalui aplikasi smartphone atau melalui laman https://jagoutbk.zenius.net/grand-try-out/. Siswa bisa mengikuti seluruh sesi Zenius GTO yang akan diselenggarakan pada 20 dan 27 Maret 2021 serta 1 dan 8 April 2021. Pengumuman pemenangnya akan dilakukan Zenius setelah UTBK selesai pada bulan Mei 2021.