Find Us On Social Media :

ASUS ExpertBook B9400, Laptop Pebisnis yang Tahan Banting dan Aman

By Dayu Akbar, Senin, 15 Maret 2021 | 20:30 WIB

ASUS perbarui lini laptop bisnisnya melalui seri Expert B9400 yang merupakan generasi terbaru dari Expert B9 series. Sebagai laptop bisnis, Expert B9400 dilengkapi dengan keamanan kelas enterprise yang artinya telah memenuhi standar korporasi besar.

Di mulai dari keamanan privasi pengguna, ExpertBook B9400 sudah mendukung fitur Windows Hello sehingga penggunanya tidak perlu lagi mengetikkan password untuk masuk ke dalam sistem. Dua opsi login menggunakan sistem biometrik pun disediakan di ExpertBook B9400, yaitu melalui fingerprint sensor dan facial recognition sensor.Bergerak ke keamanan data, ExpertBook B9400 memiliki fitur yang memungkinkan pengguna laptop ini untuk mengunci BIOS dan SSD-nya menggunakan sistem proteksi password. Jika diaktifkan, pengguna yang ingin mengubah pengaturan BIOS atau mengakses data di SSD harus memasukkan password terlebih dulu sebelum dapat benar-benar mengaksesnya.ExpertBook B9400 juga memiliki fitur ekstra yang tidak dapat ditemukan di laptop mainstream. Pertama adalah fitur USB Storage Block yang memungkinkan pengguna ExpertBook B9400 tidak dapat menghubungkan USB flash disk atau penyimpanan eksternal lainnya tanpa izin dari administrator. Hal tersebut dikarenakan USB flash disk dapat berisi malware yang bisa menyebar melalui jaringan internal perusahaan.Fitur lainnya adalah Secure File Shredder. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghancurkan file digital hingga tidak dapat dipulihkan menggunakan metode apapun. Fitur ini berguna agar peretas tidak bisa memulihkan dan mengakses data yang telah dihapus.

ExpertBook B9400 juga telah mendukung sistem manajemen IT kelas enterprise. Hadir dengan sistem operasi hingga Windows 10 Pro, ExpertBook B9400 dapat diatur untuk terhubung ke jaringan intranet perusahaan secara cepat dan aman. Dukungan terhadap aplikasi ASUS Control Center dan ASUS Business Center juga membuat tim manajemen IT dengan mudah melakukan control dan manajemen terhadap ExpertBook B9400, bahkan dari jarak jauh.ASUS ExpertBook B9400 dibangun di atas fitur Trusted Platform Module. Fitur tersebut memungkinkan data dalam perangkan serta aktivitas datanya diproses melalui sistem enkripsi. Di dalam ExpertBook B9400 terdapat sebuah chip khusus yang berisikan RSA encryption key unik yang hanya tersedia dan dapat digunakan oleh satu perangkat saja. Dengan demikian data yang dienkripsi di ExpertBook B9400 tidak akan bisa dibaca atau diakses di perangkat lainnya.Untuk spesifikasi lengkapnya, ASUS Expert B9400 dipersenjatai dengan Intel Core i7-1165G7. Selain powerful, prosesor Intel Core generasi ke-11 ini juga lebih hemat daya dan dilengkapi dengan GPU terintegrasi Intel Iris Xe Graphics yang juga menawarkan performa grafis yang lebih baik tanpa konsumsi daya besar. Untuk memori RAM-nya sebesar 16 GB LPDDR4X dan penyimpanan berupa NVMe PCIe SSD 3.0 berkapasitas 2TB. Untuk baterainya memiliki kapasitas 4-cell 66Wh yang diklaim mampu bertahan hingga 20 jam.ExpertBook B9400 juga merupakan laptop yang tervalidasi Intel EVO, yang menandakan bahwa laptop ini memenuhi standar kualifikasi dari Intel sebagai laptop modern. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah laptop untuk memenuhi validasi Intel EVO di antaranya adalah performa gesit dan responsif, memiliki daya tahan baterai minimal 10 jam, serta dilengkapi dengan konektivitas modern seperti Thunderbolt 4 dan WiFi 6. Sebagai laptop tipis yang biasanya rentan panas, Expert B9400 telah dilengkapi dengan sistem pendingin yang disebut dengan Advanced Thermal Module. Sistem pendingin tersebut hadir dengan dimensi 25% lebih kecil dari sistem pendingin laptop pada umumnya namun tetap mampu memberikan performa pendinginan yang mumpuni. Terdapat tiga kelebihan utama dari Advanced Thermal Module yang digunakan di ExpertBook B9400. Pertama, sistem pendinginnya menggunakan tilted heatsink design, di mana heatsink yang digunakan hadir dengan desain khusus sehingga dapat mengalirkan udara secara optimal. Kelebihan kedua adalah struktur sistem pendinginnya, dari heatpipe, heatsink, hingga case untuk kipas, merupakan satu bagian dan bukan terdiri dari beberapa bagian yang disambung. Menggunakan desain tersebut dapat meningkatkan performa pendinginan khususnya pada proses pelepasan panas dari komponen pendingin.Kelebihan ketiga adalah setiap sirip (fin) yang ada di heatsink dibuat menggunakan bahan alluminium alloy. Bahan tersebut memiliki performa pelepasan panas yang sama dengan tembaga yang banyak digunakan di laptop pada umumnya, namun memiliki bobot yang lebih ringan.

Untuk layarnya berukuran 14 inci dengan aspect ratio 16:9 serta resolusi full HD. Sementara dengan color gamut sRGB 100%, tingkat kecerahan 300 nits, serta pelindung anti glare, memberikan kenyamanan pengguna. Selain itu, layarnya dilengkapi pula dengan teknologi Panel Self Refresh (PSR) yang mengkonsumsi daya jauh lebih rendah dari layar standar. Layar berteknologi PSR dilengkapi dengan memori khusus yang terintegrasi. Berkat memori tersebut, setiap tampilan statis pada layar dapat diproses tanpa melalui chip grafis sehingga konsumsi daya dapat dikurangi hingga ke angka 1 Watt, sedangkan pemrosesan tampilan layar menggunakan chip grafis dapat memakan daya hingga 3 Watt. Layar berteknologi PSR sangat cocok untuk pengguna yang sering menjalankan aplikasi bisnis dan kantoran seperti Microsoft Office, serta membuka dokumen PDF dan gambar statis.Untuk memastikan durabilitasnya, ExpertBook B9400 dibekali dengan engsel berbahan stainless steel yang lebih tebal dan dihubungkan menggunakan sekrup yang lebih besar sehingga layarnya dapat bertahan hingga 50 ribu kali buka-tutup dengan kekuatan tekanan hingga 50Kg.

Hal yang sama juga diberlakukan pada port-nya, di mana ExpertBook B9400 memiliki port yang teruji dapat bertahan hingga 5000 kali pasang-cabut. Ketangguhannya pun teruji karena ExpertBook B9400 telah menerima sertifikasi lolos uji ketahanan bersatandar militer AS (MIL-STD 810H).ASUS Expert B9400 hadir dengan pilihan warna star black dan dibanderol seharga Rp31.999.000 dengan 3 tahun layanan garansi di tempat.