Sebanyak 80% konsumen Indonesia menyebut dirinya "digitally curious" atau "digital explorer", dan berharap perusahaan menyajikan lebih banyak layanan dan pengalaman digital, menurut studi terbaru VMware.
Menurut studi bertajuk ‘Digital Frontiers 3.0 Study' ini, sejak tahun lalu, 8 (delapan) dari 10 (sepuluh) konsumen Indonesia (84 persen) sudah mulai beralih ke digital untuk terhubung dengan brand. Fakta ini menjadikan Indonesia berada di jajaran terdepan di antara negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara yang menjadi target studi dengan angka rerata sebesar 78 persen. Bahkan Indonesia mengungguli sejumlah negara maju lainnya dalam survei tersebut, yakni Amerika Serikat (40 persen), Perancis (41 persen), Jerman (44 persen), Inggris (34 persen).
Sementara itu, sebanyak 64 persen konsumen di Indonesia mengaku bahwa meskipun kejadian-kejadian global di tahun 2020 memaksa mereka untuk beralih ke layanan digital dan merasakan pengalaman digital sebagai konsumen, kenyataannya mereka sendiri juga menikmati pengalaman-pengalaman digital tersebut. Angka ini memang sedikit di bawah rerata di Asia Tenggara (69 persen), namun jauh melebihi negara-negara lain yang ada dalam survei, seperti Amerika Serikat (40 persen), Perancis (40 persen), Jerman (33 persen) dan Inggris (33 persen). Bahkan lebih dari separuh (56 persen) konsumen menyatakan akan beralih ke produk maupun layanan kompetitor jika pengalaman digital yang mereka rasakan jauh dari harapan.
Oleh karena itu, penting bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk segera mengakselerasi tumbuhnya inovasi dan lebih gesit dalam menghadirkan pengalaman digital yang terbaik bagi seluruh konsumen mereka.
“Indonesia memperlihatkan komitmennya yang sigap dalam mendukung terwujudnya digital-first di masa depan. Ini ditandai dengan makin tingginya kebutuhan konsumen untuk menikmati layanan dan pengalaman secara digital. Ini menjadi landasan bagi perusahaan untuk lebih gencar dalam mewujudkan transformasi guna memenuhi kebutuhan dan ekspektasi dari pelanggan mereka,” tutur Cin Cin Go, Country Manager, VMware Indonesia.
Cin Cin melanjutkan, “Seiring dengan berlangsungnya transisi perekonomian Indonesia dari tahap merespons dan beradaptasi terhadap hadirnya paradigma digital di masa kini, ini menjadi momentum yang tepat bagi perusahaan untuk ikut serta bertransformasi dan memperkuat kapabilitas mereka dalam mengembangkan dan menghadirkan pengalaman digital terbaik yang tidak saja aman, namun juga bisa diakses melalui segala aplikasi, di segala jenis cloud, maupun dari segala jenis perangkat. Ke depan, digital experiences menjadi faktor krusial yang menentukan sejauh mana daya saing sebuah perusahaan dalam mendorong akselerasi pertumbuhan di tengah lingkungan bisnis yang kian dinamis dan tersebar lokasinya.”
Transformasi digital di Indonesia dipimpin oleh tiga sektor: layanan finansial, retail, dan pendidikan.
Dalam studi ini disebutkan pula bahwa tiga sektor ini menjadi yang terdepan dalam memenuhi ekspektasi pelanggan di sepanjang 2020 yang lalu. Responden menyampaikan bahwa organisasi-organisasi di sektor layanan finansial (57 persen), ritel (54 persen) dan edukasi (36%) berhasil menghadirkan pengalaman digital yang kian meningkat kepada konsumen mereka dibandingkan sebelum pandemi COVID-19 terjadi.
Perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor layanan finansial (58 persen) dan ritel (38 persen) juga paling dipercaya di antara sektor lainnya. Ini mengindikasikan bahwa sektor-sektor tersebut dianggap telah mampu menghadirkan jaminan keamanan atas data personal dari konsumen mereka.