Find Us On Social Media :

TikTok Ungkap Tren Pengguna di Indonesia Selama Ramadan 2021

By Indah PM, Kamis, 18 Maret 2021 | 21:00 WIB

TikTok

Ramadan sarat dengan semangat kebersamaan dan berbagi. Tak heran jika momen Ramadan kerap dinanti bagi sebagian orang.

TikTok, platform distribusi video singkat, berbagi hasil survei yang dilakukan terhadap ratusan pengguna TikTok yang terangkum dalam laporan "TikTok Ramadan Insight 2021"

Insight ini akan memberikan referensi bagi para brand dan UKM untuk menjangkau target audiens dan konsumen yang kreatif serta engaged dengan memanfaakan momentum Ramadan di TikTok.

Menurut data dari Kantar, sejak tahun lalu pandemi COVID-19 berdampak pada masyarakat dalam merayakan Ramadan. Ramadan dirayakan dengan lebih sederhana, yang lebih fokus pada ibadah dan kesadaran tentang pentingnya kesehatan dengan penyampaian sosialisasi yang berbeda-beda.

"Dari sisi konsumen, orang-orang Indonesia menerapkan pengaturan prioritas atas pengeluaran pada saat Ramadan, bahan makanan segar dan produk konsumen menjadi prioritas utama mereka. Para brand dan pelaku usaha memiliki peluang untuk memanfaatkan berbagai platform digital dalam berkomunikasi dengan target publiknya, seperti inspirasi berbagi, kegiatan di rumah dan kisah humanis lainnya," kata Fanny Murhayati (Marketing Director, Kantar Indonesia).

Senada dengan data dari Kantar, laporan "TikTok Ramadan Insight 2021" juga memperlihatkan sebanyak 71% pengguna TikTok merayakan Ramadan dengan caranya masing-masing, salah satunya dengan melakukan aktivitas di rumah.

Tren ini terlihat dari Ramadan tahun lalu, di mana terdapat 29% peningkatan engagement selama bulan tersebut, dibandingkan rata-rata harian.

Pada tahun ini, sebanyak 96% pengguna TikTok menyatakan ingin lebih aktif di platfrom online dan akan mengunggah konten dalam platform digital selama bulan Ramadan nanti dengan berbagai konten tren, seperti kebersamaan bersama keluarga juga teman-teman.

Selain itu, 1 dari 3 pengguna juga sudah merencanakan akan membeli lebih banyak makanan dan kudapan secara online di bulan Ramadan ini.

"TikTok Ramadan Insight 2021" juga menyoroti berbagai jenis konten yang dapat dimanfaatkan brand atau UKM untuk menarik audiens baru, mengingat konten inilah yang paling ditunggu oleh pengguna selama Ramadan.

Dari survei tersebut, terungkap sebagian besar pengguna menantikan konten religi, makanan, informasi terbaru dari keluarga dan kerabat, konten keseharian, serta fesyen dan kecantikan.

Konten-konten ini biasanya dijadikan sebagai inspirasi dan rekomendasi untuk menemukan produk-produk yang tepat yang diinginkan pengguna.

Pengguna TikTok di Indonesia pun sangat reseptif terhadap iklan, di mana 90%-nya mengaku mengambil tindakan lanjutan (mencari tahu lebih lanjut tentang produk, mengeklik link iklan/akun brand, berkomentar, dan lainnya) setelah melihat iklan yang tayang di platform.

Sitaresti Astarini (Head of Business Marketing, TikTok Indonesia) mengungkapkan dari hasil survei laporan "TikTok Ramadan Insight 2021" ini, terlihat bahwa di tengah segala keterbatasan yang ada saat ini, para pengguna TikTok di Indonesia tetap aktif dan semangat dalam berbagi cerita dengan suka cita, sehingga dapat memberikan arti kebersamaan terutama di masa pandemi.

Untuk membantu para UKM dalam melakukan kampanye pemasaran di bulan Ramadan ini, TikTok juga menghadirkan platform self-serve untuk solusi TikTok For Business yang dapat diakses di link berikut ini: https://www.tiktok.com/business/id/smbcenter.