Find Us On Social Media :

CARRO Catat Tren Peningkatan Penjualan Mobil SUV dan MPV Secara Daring

By Indah PM, Senin, 22 Maret 2021 | 20:00 WIB

CARRO layani penjualan mobil hingga ke Jayapura secara daring.

Pandemi COVID-19 belumlah usai dan mengakibatkan perubahan signifikan yang terjadi di kalangan masyarakat di seluruh pelosok nusantara. Tak ayal, penerapan teknologi digital di dalam kehidupan masyarakat kini semakin berkembang hingga ke banyak sektor, termasuk otomotif.

Hal ini dibuktikan oleh CARRO, platform jual beli mobil secara daring, yang sepanjang kuartal pertama 2021, mencatatkan hasil yang positif hingga ke daerah di luar Pulau Jawa. Mulai dari kota Makassar hingga ke ujung kota Jayapura, dimana semua transaksi terjadi secara daring. 

“Kami telah melihat peningkatan tren dari masyarakat Indonesia yang semakin percaya untuk melakukan transaksi pembelian mobil secara online dari platform jual beli yang terpercaya," tutur Aditya Lesmana (Co-founder CARRO) melalui keterangan tertulis kepada InfoKomputer, Sabtu (19/3/2021).

Di sisi lain, meski saat ini masyarakat sudah terbiasa dalam melakukan transaksi daring, namun CARRO masih melihat adanya pertimbangan penting dari masyarakat ketika hendak membeli mobil baru atau bekas, yakni harus melihat mobil pilihannya secara langsung.

Hal ini sejalan dengan studi yang dilakukan Deloitte pada tahun 2021 terhadap responden dari 23 negara, termasuk Indonesia.

Studi Deloitte mengungkapkan bahwa lebih dari 59 persen responden merasa nyaman membeli mobil secara daring. Namun, lebih dari 70 persen masih ingin melihat langsung kendaraan yang akan mereka beli. Bahkan, 59 persen responden ingin melakukan test drive sebelum memutuskan untuk membeli mobil.

Oleh karena itu CARRO mengkolaborasikan pengalaman membeli mobil secara hybrid online-offline, dimana sebagian besar proses transaksi dapat diselesaikan tanpa harus keluar rumah dan khawatir tentang risiko terpapar virus, namun konsumen tetap dapat melihat kendaraan secara langsung serta melakukan test drive.

Konsumen juga dapat melihat berbagai informasi, riwayat lengkap setiap mobil, dan laporan 150 titik inspeksi yang telah dilakukan tim CARRO.

Disamping itu, konsumen dapat melakukan transaksi dan langkah-langkah lainnya dengan beberapa klik saja, seperti memilih metode pembayaran, menjadwalkan test drive, mengatur kunjungan ke showroom, memproses klaim layanan, termasuk jadwal pengiriman mobil ke tempat tujuan.

"Terbukti CARRO telah mengalami peningkatan jumlah konsumen dari luar Jakarta atau pulau Jawa, dimana mayoritas dari mereka percaya dengan kualitas mobil yang telah mendapatkan sertifikasi dari tim CARRO, tanpa harus datang ke Jakarta untuk melihat sendiri secara langsung,” ucap Aditya.

CARRO mencatat bahwa 1 dari 5  penjualan daring bulanan CARRO berasal dari kota-kota di luar pulau Jawa, dimana kendaraan seperti SUV dan MPV menjadi pilihan utama konsumen.

Untuk meningkatkan layanan, CARRO Indonesia juga meningkatkan model komunikasi dan interaksi dengan konsumen. Dalam hal ini konsumen dapat berkomunikasi serta melakukan pengecekan mobil secara virtual melalui video conference, atau dapat juga melakukan test drive dan pengecekan langsung melalui bantuan perwakilan dan relasi yang tinggal di daerah setempat.

Sebagai bentuk upaya untuk memperkuat dukungan purna jual, CARRO memiliki mitra asuransi dan bekerjasama dengan banyak mitra bengkel lokal di hampir setiap kota di seluruh Indonesia, sehingga dapat memberikan pengalaman kepemilikan mobil yang terbaik bagi masyarakat Indonesia.