Find Us On Social Media :

MediaTek: Cip Wi-Fi 6 Kami Tenagai Laptop Gaming Baru dari ASUS

By Cakrawala, Selasa, 23 Maret 2021 | 21:00 WIB

Ilustrasi cip MediaTek.

MediaTek belum lama ini mengumumkan bahwa cip Wi-Fi 6-nya menenagai aneka laptop untuk bermain gim alias laptop gaming baru ASUS. MediaTek menyebutkan cip Wi-Fi 6-nya menenagai laptop ASUS ROG (Republic of Gamers) dan TUF (The Ultimate Force) baru. MediaTek pun menambahkan bahwa hal tersebut sekaligus merupakan penggunaan pertama solusi Wi-Fi 6-nya pada laptop untuk konsumen pribadi. Cip Wi-Fi 6 yang digunakan oleh para laptop untuk bermain gim baru ASUS itu sendiri adalah MediaTek MT7921. Tidak sekadar menghadirkan Wi-Fi 6, MediaTek menegaskan pula bahwa MT7921 memberikan kinerja tinggi, kendalan konektivitas yang bagus, dan efisiensi daya yang baik.

“Dengan berkolaborasi bersama ASUS, penyedia perangkat gaming No. 1, kami menghadirkan pengalaman konektivitas dan kemampuan terbaik kepada para konsumen untuk streaming game dengan lancar dan menikmati masa pakai baterai yang lebih lama,” ujar Alan Hsu (Corporate Vice President di MediaTek). “MediaTek menawarkan solusi terbaik di kelasnya untuk ragam notebook dengan chipset kami yang berperfoma tinggi dan hemat daya dengan teknologi konektivitas terkini. Berkolaborasi dengan perusahaan seperti ASUS, telah menjadikan MediaTek pemimpin global dalam solusi konektivitas dengan portofolio Wi-Fi terluas di seluruh broadband, ruter ritel, smartphone, ragam elektronik konsumen, dan perangkat gaming," tambahnya.

“Kami sangat senang menghadirkan teknologi Wi-Fi MediaTek ke seri ROG dan TUF,” sebut Rangoon Chang (ROG General Manager, PCs and Laptops). “Mereka adalah pemimpin di bidangnya, dan memiliki komitmen yang sama seperti kami untuk memberikan para gamer, pembuat konten, dan semua orang teknologi yang mereka butuhkan untuk melakukan yang terbaik. Produk MediaTek telah memungkinkan kami menghadirkan Wi-Fi 6 ke perangkat gaming yang lebih beragam dan akan meningkatkan pengalaman bagi semua pengguna,” imbuhnya.

Dibandingkan Wi-Fi 5, Wi-Fi 6 memang memungkinkan throughput yang lebih tinggi, utamanya pada saat banyak perangkat menggunakan koneksi yang sama secara bersama-sama. Namun, MediaTek tidak secara spesifik menyebutkan kecepatan teoritis maksimal yang didukung oleh MT7921. Selain itu, MediaTek juga mengklaim perangkat 2x2-nya tersebut menawarkan latensi yang lebih rendah plus dilengkapi peningkatan khusus untuk transmisi sinyal lebih baik. Yang terakhir ini membuat MediaTek MT7921 mendukung koneksi yang diklaim relatif sangat jauh.

Adapun laptop ASUS ROG dan TUF yeng menggunakan MediaTek MT7921 sudah mulai tersedia di pasar global pada Maret 2021 ini.