Find Us On Social Media :

Fiberisasi Jaringan Bikin AXIS Makin Nyaman Streaming Hingga Mabar

By Dayu Akbar, Rabu, 24 Maret 2021 | 09:36 WIB

Sebelum regulasi jaringan 5G diterapkan di tanah air, jaringan 4.5G masih menjadi jaringan tercepat saat ini. Dan AXIS, sebagai produk layanan telekomunikasi dari XL Axiata, sudah mendukung jaringan tersebut. Merupakan pengembangan dari jaringan 4G, jaringan 4.5G dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan berinternet masyarakat Indonesia yang semakin meningkat.

Selama tahun 2020, XL Axiata gencar dalam mengembangkan fiberisasi jaringan. Fiberisasi adalah upaya modernisasi jaringan yang dilakukan dengan menghubungkan BTS melalui jalur fiber. BTS atau Base Transceiver Station,  merupakan suatu infrastruktur telekomunikasi yang menghubungkan atau memfasilitasi antara gawai dengan jaringan operator. Dalam rangka peningkatan kualitas jaringan, XL Axiata melakukan fiberisasi antar menara telekomunikasi (BTS) dengan menggunakan menggunakan fiber optik. Hal ini ditujukan untuk mengingkatkan pengalaman pelanggan agar bisa berinternet dengan bebas hambatan, bebas buffering dan lag. Dan hingga pertengahan tahun 2020, XL sudah menghubungkan lebih dari 53% BTS dengan jaringan fiber.

Jaringan 4.5G punya dua carrier, yaitu TDD (Time Division Duplex) dan FDD (Frequency Division Duplex). Jadi, tidak heran kalau output jaringan juga jadi lebih cepat. Selain itu, koneksi internet yang ditunjang jaringan ini juga jauh lebih stabil. Dari segi kecepatan, jaringan ini jelas lebih cepat dibandingkan jaringan 4G dan mampu mencapai kecepatan internet hingga 400 Mbps. Kecepatan jaringan ini bisa bikin aktivitas berinternet jadi lebih lancar, seperti main game, virtual conference, sampai streaming.

Dengan koneksi yang lebih kencang dan stabil, AXIS cocok bagi pengguna yang hobi nonton film secara streaming, termasuk drama korea yang saat ini sedang digemari. Salah satu K-Drama yang saat ini sedang ramai di perbincangkan adalah The Penthouse, yang di bulan Februari kemarin bahkan sudah masuk season 2. Selain The Penthouse, drama lain yang cukup ramai diperbincangkan adalah True Beauty. Drama yang diangkat dari webtoon ini memiiki latar belakang cerita anak sekolah dan genre romcom (romantic comedy), drama ini cenderung disukai oleh anak muda. Selain drama dari Korea Selatan, film yang bisa jadi rekomendasi mengisi hari libur salah satunya adalah To All The Boys: Always and Forever yang dirilis pada hari valentine lalu. Film ini merupakan sekuel dari film To All The Boys I’ve Loved Before (2018) dan To All The Boys: P.S I Still Love You (2020). Dengan genre romcom, film ini juga menjadi salah satu film yang ditunggu-tunggu oleh beberapa kalangan anak muda.