Find Us On Social Media :

Siapkan Listrik 420 MW, RI Lobi Singapura Bangun Data Center di Batam

By Adam Rizal, Rabu, 24 Maret 2021 | 13:00 WIB

Ilustrasi Data Center

Indonesia melobi Singapura untuk membangun pusat data atau cloud storage tambahan di Batam, Kepulauan Riau karena Indonesia melihat ada keterbatasan pusat data di negara tetangga tersebut.

"Keterbatasan daerah dan juga tentunya, power," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Katadata Indonesia Data and Economic Conference pada Selasa, 23 Maret 2021.

Karena itu, pemerintah menyiapkan aliran listrik hingga 420 Mega Watt (MW) di Batam untuk menunjang operasional pusat data tersebut karena pusat data itu membutuhkan dua sumber aliran listrik yang stabil.

Rencana pembangunan pusat data itu sudah mencuat sejak tahun lalu.

Kementerian Komunikasi dan Informatika pernah menyampaikan ada empat lokasi pusat data yang terdiri dari Batam, Bekasi, Jawa Barat dan Manado, Sulawesi Utara. Lalu, ibu kota negara baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Airlangga menyebut sudah ada Amazon Data Center yang masuk ke Indonesia. Investasi pusat data ini sudah terealisasi pada Desember 2019 dengan nilai mencapai US$ 2,5 miliar.

Lalu pada 26 Februari 2021, Microsoft juga sudah resmi mengumumkan investasi data center di Indonesia. Ini tepat setahun setelah CEO Microsoft Satya Nadella berkunjung ke Indonesia dan bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi.