Find Us On Social Media :

Resmi Masuk Indonesia, Ini Fakta Menarik Smartphone Oppo Reno5 F

By Adam Rizal, Kamis, 25 Maret 2021 | 17:00 WIB

Oppo Reno 5F

Akhirnya Oppo resmi meluncurkan smartphone terbarunya Oppo Reno5 F di Indonesia. Spesifikasi Reno5 F berada di bawah posisi Reno5 dan Reno5 5G yang sudah diperkenalkan awal tahun 2021.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan selain spesifikasi, faktor harga juga menjadi salah satu pembeda antara Reno5 F dengan dua Reno5 lainnya.

"Kami menawarkan sebuah perangkat dengan kecepatan dan performa yang mungkin menarik di lini harganya," kata Aryo dalam acara Reno5 F Experience Event, Rabu (24/3/2021).

Dimensi

Oppo Reno5 F memiliki beberapa peningkatan dibanding pendahulunya yakni Reno4 F. Dari sisi dimensi, bodi Reno5 F memiliki ukuran 7,8mm x 73,2mm x 160,1mm dengan bobot 172 gram.

Layar

Reno5 F memiliki layar berbentang 6,43 inci berjenis AMOLED, dengan resolusi FullHD Plus (2.400 x 1.080). Layar ini memiliki refresh rate 60Hz dan rasio bodi yang diklaim mencapai 90,8 persen. Rasio aspeknya adalah 20:9 dan rasio bodi ke layar dikalim mencapai 90,8 persen. Selain itu, layar Reno5 F dilindungi Gorilla Glass 3 Plus. Di dalam layar juga tertanam sensor pemindai sidik jari untuk sistem keamanan perangkat.

Kamera

Di bagian belakang, terdapat empat kamera yang terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, makro 2 MP, dan mono 2 MP. Sementara di bagian depan terdapat kamera selfie 32 MP. Oppo menambahkan beberapa fitur kamera baru seperti New Dynamic Bokeh dan Night Plus.

Mode Dynamic Bokeh akan menambah efek visual pada tangkapan gambar sehingga tampak lebih menarik. Mode baru berikutnya adalah tiga filter baru di mode Night Plus, yakni Cosmopolitan, Astral, dan Dazzle. Masing-masing mode menimbulkan efek warna yang berbeda-beda.

Cosmopolitan menimbulkan nuansa keemasan untuk foto malam hari. Filter Astral memberikan efek hijau, biru, jingga, dan kuning. Sementara filter Dazzle akan memastikan kilauan cahaya yang berasal dari bangunan dan pemandangan di malam akan tampak menarik.

Reno5 F juga dilengkapi fitur kamera yang sudah ada di seri Reno F sebelumnya, seperti AI Color Portrait, AI Monokrom Video, Dual View Video, AI Skin Enhancement, Night Flare Portrait, AI Beautification 2.0, dan EIS steady.

Chipset dan RAM

Oppo Reno5 F mengusung chipset MediaTek Helio P95 yang dipadu dengan RAM 8 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 128 GB yang bisa diperluas hingga 256 GB dengan microSD. Aryo mengatakan, chipset MediaTek Helio P95 dipilih karena Oppo Reno5 F memiliki banyak fitur yang berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Selain itu, chipset ini juga disebut mumpuni untuk kinerja gaming.

"Kami memilih Helio P95 karena cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan fitur yang ada di Reno5 F," kata Aryo.

Baterainya berkapasitas 4.310 mAh yang didukung pengisi daya cepat VOOC Flash Charge 4.0 30 watt. Aryo mengklaim daya bisa terisi penuh dalam waktu 56 menit.

Harga dan Warna

Ada dua varian warna yang tersedia yakni Fluid Black dan Fantastic Purple. Reno5 F dijual dengan harga Rp 4.299.000. Oppo akan menggelar flash sale 27 Maret - 1 April di Lazada. Penjualan perdana akan digelar mulai 2 April 2021.