Find Us On Social Media :

Tingkatkan Kinerja, Ini Tren Pemanfaatan RPA di Industri Tahun ini

By Adam Rizal, Jumat, 26 Maret 2021 | 11:30 WIB

RPA

Solusi Robotic Process Automation (RPA) bakal menjadi tren di masa depan, menyusul banyak perusahaan yang sudah sadar dan mengadopsi pentingnya RPA untuk meningkatkan kinerja dan efisien perusahaan.

Bahkan, firma riset Gartner memprediksi RPA akan menjadi tren teknologi paling 'booming' pada tahun ini. Winton (Cloud Integration Technical Sales Lead PT IBM Indonesia) mengatakan solusi RPA dapat memberikan dampak sistemik dan terobosan kepada cara kerja manusia.

"RPA membuat manusia jauh lebih efektif," ujarnya dalam acara Tech Gathering InfoKomputer, Kamis (25/3).

Software RPA dapat menggantikan tugas manusia yang biasa dilakukan secara manusia seperti memasukan data, mengingat RPA bekerja secara virtual. RPA bisa bekerja di berbagai sektor industri seperti banking dan asuransi, energi, IT, layanan kesehatan, media dan komunikasi, perjalanan dan transportasi, dan pemerintahan.

"RPA mampu melakukan banyak hal dan melakukan apapun yang diperintah karena berjalan dengan bot. Sebagai perbandingan, jika manusia mampu memasukkan 100 data maka RPA mampu memasukkan data hingga 300," ujarnya.

Solusi RPA pun terdiri dari level basic yang fokus pada pekerjaan hingga automation yang fokus kepada bisnis. Pengguna pun bisa meningkatkan dan mengajarkan RPA banyak hal sehingga solusi itu makin pintar.

"RPA mampu memberikan rekomendasi ke kita saham mana yang pantas dibeli dan membantu manusia mengambil keputusan," pungkasnya.