Find Us On Social Media :

Verifikasi Pembayaran di DANA Cukup dengan Berswafoto Berkat DANA VIZ

By Cakrawala, Minggu, 28 Maret 2021 | 19:15 WIB

Ilustrasi pemanfaatan DANA VIZ.

DANA akhir minggu lalu kembali mengumumkan perihal peningkatan pada dompet digitalnya. Kali ini DANA mengumumkan kehadiran teknologi baru yang memanfaatkan sistem pengenalan wajah untuk menyelesaikan pembayaran atas sebuah transaksi di DANA. Teknologi tersebut adalah DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation). Berkat teknologi tersebut, pengguna DANA di tanah air cukup berswafoto tanpa perlu memasukkan PIN untuk menyelesaikan transaksi di DANA. Dengan kata lain, DANA VIZ memudahkan pengguna DANA melakukan verifikasi pembayaran.

“Hadirnya fitur ini merupakan wujud komitmen DANA untuk terus mengembangkan teknologi kami guna meningkatkan keamanan serta semakin memudahkan pengguna, sekaligus memberikan pengalaman bertransaksi yang menyenangkan. Pengembangan teknologi VIZ (Visual Identity AuthoriZation) ini selaras dengan tiga pilar DANA yang mengedepankan kepercayaan pengguna lewat teknologi terdepan,” ujar Vince Iswara (CEO dan Co-founder DANA).

Pengenalan wajah sendiri merupakan salah satu biometrik yang saat ini populer digunakan di smartphone maupun perangkat lain. Namun, DANA mengklaim bahwa pada industri pembayaran digital di Indonesia, pengenalan wajah umumnya baru sebatas untuk verifikasi saat pengguna melakukan login ke aplikasi. Pemanfaatan seperti itu pun sebelumnya telah hadir di DANA. Kini, berkat DANA VIZ, pengenalan wajah juga bisa untuk verifikasi pembayaran di DANA. DANA pun menegaskan pengenalan wajah untuk verifikasi pembayaran di DANA bersangkutan adalah aman.

Fitur pengenalan wajah melalui swafoto untuk verifikasi pembayaran di DANA tersedia untuk semua pengguna DANA, termasuk pengguna yang belum mengaktifkan DANA Premium. Agar dapat menggunakannya, pengguna DANA sebelumnya perlu mengaktifkan Verifikasi Wajah pada Pengaturan Profil di aplikasi DANA yang digunakan. Nantinya, saat melakukan transaksi, pengguna DANA akan ditawarkan pilihan verifikasi pembayaran berupa pengenalan wajah. Setelah memilih opsi tersebut, pengguna itu hanya perlu berswafoto. Jika sukses, pembayaran akan dilakukan.