Find Us On Social Media :

Fakta Menarik dan Lengkap Smartphone Lipat Pertama Xiaomi Mi Mix Fold

By Adam Rizal, Jumat, 2 April 2021 | 11:00 WIB

Xiaomi Mi Mix Fold

Akhirnya Xiaomi resmi meluncurkan smartphone lipat pertamanya Mi Mix Fold di pasar China.

Dari peluncuran tersebut ada beberapa fakta menarik dengan smartphone lipat pertama Xiaomi tersebut.

Berikut ulasannya:

Nama Unik

Sebenarnya, nama Mi Mix telah terlebih dahulu digunakan Xiaomi pada lini smartphone yang mengusung desain unik. Xiaomi Mi Mix Alpha memiliki layar nyaris membungkus sekujur tubuh ponsel, dari depan hingga belakang.

Tak seperti ponsel Mi Mix sebelumnya, Mi Mix Fold mengusung desain yang umum ditemukan di smartphone lipat yaitu layar besar dan sebuah layar sekunder. Desain lipatannya pun seperti kebanyakan ponsel lipat lainnya, yaitu menghadap ke dalam layaknya gerakan menutup buku. Desain lipatan itu juga dipakai pada Samsung Galaxy Fold, Galaxy Z Fold 2, dan Huawei Mate X2.

Spesifikasi

Mi Mix Fold mengusung layar utama OLED berbentang 8,01 inci dengan resolusi 2.480 x 1.860. Xiaomi mengklaim layar ini sanggup menahan lipatan hingga 200.000 kali. Di bagian luar, ada sebuah layar sekunder berukuran 6,52 inci dengan refresh rate 90Hz.

Panel OLED mendukung HDR10 + dan Dolby Vision serta menawarkan akurasi warna yang luar biasa (ruang warna DCI-P3). Layar memiliki tingkat kecerahan 600 nits dengan puncak 900 nits.

Mi Mix Fold mengaktifkan mode desktop dengan beberapa jendela yang dapat diubah ukurannya. Mode ini diluncurkan dengan gesekan tiga jari sederhana. Xiaomi mengembangkan engsel berbentuk U yang 27 persen lebih ringan dari engsel yang digunakan oleh ponsel lipat lainnya.

Kamera

Di bagian kanan atas layar ini pula terdapat sebuah punch hole yang memuat kamera selfie 20 MP. Di bagian punggung smartphone itu ada tiga kamera belakang, yakni kamera utama 108 MP (f/1.8), kamera ultra wide 13 MP (f/2.4), dan kamera telefoto 8 MP. Kamera telefoto tersebut menggunakan teknologi lensa cair (liquid display), sehingga memungkinkan pengguna memotret gambar dari jarak fokus dekat 3 cm, zoom optik 3x, atau zoom hybrid 30x.

Chip pemrosesan gambar Surge C1 dikembangkan oleh Xiaomi. Ini menjalankan algoritma 3A - Fokus Otomatis, Pencahayaan Otomatis, dan Keseimbangan Putih Otomatis - dengan cara yang hemat daya.

Hal mengesankan adalah teknologi Lensa Cair pertama di dunia dalam kamera telefoto. Terbuat dari film fleksibel yang diisi dengan cairan transparan.

Lensa Cair bisa berubah bentuk, seperti lensa di mata manusia, berkat motor yang presisi. Dan jangan khawatir tentang cairannya ternyata, cairan ini dapat berfungsi dalam suhu ekstrem mulai dari -40ºC hingga 60ºC (-40ºF hingga 140ºF).

Lensa ini menawarkan pembesaran optik 3x (panjang fokus setara 80 mm) dan memiliki sensor 8 MP di belakangnya, tetapi tidak ada kabar tentang stabilisasi optik. Keunggulan lensa cair dibandingkan desain tradisional adalah kemampuan untuk fokus hanya pada 3 cm untuk bidikan makro serta fokus pada objek yang jauh untuk bidikan zoom.

Kamera utama memiliki sensor 108MP, ISOCELL HM2 1 / 1,52”, yang berada di belakang lensa 7P. Sensornya mendukung 9-in-1 binning untuk 2,1 µm piksel, tetapi kamera ini tidak memiliki OIS. Kamera sudut ultrawide memiliki bidang pandang 123º dan sensor 13MP dengan piksel 1,12 µm (lensa f / 2.4).

Chipset dan RAM

Di sektor dapur pacu, spesifikasi Mi Mix Fold ditenagai chipset Snapdragon 888 milik Qualcomm. Smartphone lipat itu hadir dengan kombinasi RAM dan penyimpanan 12 GB/256 GB dan 16 GB/512 GB. Ponsel lipat pertama Xiaomi ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5.020mAh, yang sudah mendukung fast charging 67 watt.

Xiaomi mengklaim, daya ponsel itu dapat terisi penuh hanya dalam waktu 37 menit. Fitur lain yang dibawa oleh Mi Mix Fold ialah NFC, pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power, dan empat speaker racikan Harman Kardon.

Sayangnya, ponsel ini tidak dibekali dengan slot microSD dan port audio jack 3,5mm, sebagaimana dihimpun dari GSMArena.

Lain-lain

Secara keseluruhan, Mi Mix Fold menawarkan total area pembuangan panas seluas 22.583 mm². Tidak hanya untuk chipset, sistem pendinginnya juga mengeluarkan panas yang berasal dari antena 5G dan sistem fast charging.

Tontonan visual dari layar besar diimbangi dengan pengalaman audio yang disetel Harman Kardon. Ini memiliki pengaturan quad speaker, sesuatu yang disediakan untuk tablet sampai sekarang.

Keempat speaker 1216 super linier memiliki ruang besar "setara 1,34 cc". Mereka digerakkan oleh ampli 15V, yang membuatnya 40% lebih keras dari speaker Mi 10 Pro (yang juga menggunakan 1216).

Xiaomi mengembangkan algoritme audio spasial 3D yang menciptakan pengalaman imersif menggunakan empat speaker. Versi standar ponsel ini memiliki bagian belakang Gorilla Glass dengan tekstur keramik. Ada juga Edisi Khusus Keramik, yang memiliki bagian belakang keramik hitam (dengan ukiran laser), plus bingkai tengah emas dan tombol volume.

Kedua versi Xiaomi Mi Mix Fold akan melakukan pre-order di China hari ini.

Harga

Harga Mi Mix Fold Mi Mix Fold baru akan dijual di pasar China pada 16 April mendatang. Namun, Xiaomi telah membuka sesi pemesanan (pre-order) sejak 30 Maret. Di China, Mi Mix Fold varian 12 GB/ 256 GB dijual dengan harga 9.999 Yuan (sekitar Rp 20,9 juta).

Sedangkan varian tertinggi 16GB/512GB dibanderol dengan harga 12.999 Yuan (kira-kira Rp 27,2 juta).