Find Us On Social Media :

GoFood Ungkap Rahasia Sukses Bisnis Kuliner di Platform Digital

By Rafki Fachrizal, Kamis, 1 April 2021 | 13:15 WIB

Ilustrasi GoFood

Platform digital kini semakin menjadi andalan para pengusaha/UMKM kuliner untuk menjangkau pelanggan dan memasarkan produknya.

Seiring dengan itu, pengusaha kuliner/UMKM perlu terus meningkatkan ilmu dan keterampilan khususnya terkait pemasaran atau berbisnis di dunia online sehingga dapat menjawab kebutuhan dan preferensi konsumen.

Dalam program pelatihan (bootcamp) Digitarasa Batch 3, GoFood berbagi resep sukses berbisnis kuliner di platform digital kepada pelaku UMKM dengan memanfaatkan strategi promosi digital yang efektif.

Head of GoFood & Platform Merchant Marketing Gojek, Felicia Wijaya mengatakan, “Salah satu strategi yang membuat bisnis kuliner kita jauh lebih menarik adalah dengan strategi pemasaran yang baik, termasuk lewat program promosi atau diskon. Apalagi hampir seluruh pelanggan GoFood memilih berbelanja dari restoran yang menawarkan promosi.”

“Di GoFood, kami membuka peluang seluas-luasnya bagi mitra usaha yang ingin menjalankan strategi promosi dengan mudah dan efektif. Pelaku usaha dapat memilih sendiri jenis promosi yang sesuai dengan target bisnisnya, seperti jenis promo ‘menu rekomendasi’ diskon di item menu, diskon total belanja, hingga diskon ongkos kirim,” jelas Felicia.

Baca Juga: Tambah Penghasilan Mitra Gojek Kini Bisa Nyambi Jualan Pulsa Telkomsel

Bahkan, GoFood mencatat bahwa mitra usaha GoFood yang mengikuti promo mengalami peningkatan penjualan hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan yang tidak mengikuti promo.

Selain membuat promosi dengan menawarkan berbagai skema diskon, Felicia melanjutkan bahwa mitra usaha dapat mengambil kesempatan untuk terus jadi andalan pelanggan dengan menerapkan strategi rekomendasi menu, di mana mitra usaha menawarkan beberapa menu andalan secara rutin dan konsisten agar menjadi best seller.

Saat sudah mulai dikenal, menu best seller tadi bisa dikombinasikan dengan menu baru yang sedang ingin dipromosikan dalam bentuk paket.

Di tengah pandemi di mana sebagian besar pelanggan masih banyak melakukan aktivitas di rumah bersama anggota keluarga, strategi ini pun semakin efektif karena turut menjawab tren membeli makanan dalam jumlah banyak.

“Tidak kalah penting dan sering kali terlupakan oleh mitra usaha adalah tampilan menu, seperti foto, nama dan deskripsi menu, hingga pengaturan kategori, sehingga bisa memudahkan konsumen dalam melakukan pencarian menu andalan. Hal ini cukup sederhana tetapi dapat membuat pelanggan semakin setia membeli dari resto,” papar Felicia.

Baca Juga: Gara-gara ini Gojek Didenda Rp3,3 Miliar oleh KPPU