Find Us On Social Media :

Dibantu Samsung, Google Bikin Chipset Buatan Sendiri Whitechapel

By Adam Rizal, Senin, 5 April 2021 | 15:00 WIB

Google Pixel

Saat ini Google sedang mengembangkan chipset smartphone original buatan sendiri Whitechapel dengan nomor kode GS101. Nantinya, chipset itu akan terpasang di smartphone yang segera hadir Google Pixel 6.

CEO Google Sundar Pichai mengkonfirmasi Google sedang menyiapkan investasi lebih banyak untuk komponen hardware termasuk mengembangkan prosesor sendiri dengan nama kode Whitechapel.

Isu Google mengembangkan chipset buatan sendiri pertama kali muncul pada awal 2020. Whitechapel adalah sebuah system on chip (SoC) buatan Google yang nantinya digunakan di smartphone Pixel ataupun laptop Chromebook, mirip dengan chip original Apple untuk iPhone maupun iMac.

Gosip yang beredar, Google menggandeng Samsung dalam pengembangan dan pembuatan chipset Whitechapel.

Sebagaimana diketahui, Samsung juga memiliki chipsetnya sendiri Exynos yang bakal menyaingi prosesor buatan Qualcomm untuk ponsel Android, Snapdragon seperti dikutip 9to5Google.

Dalam dokumen yang dibocorkan, chipset Whitechapel itu akan memiliki nama kode 'Slider'. Selain itu, kode Slider juga ditemukan ke chip original Samsung, Exynos.

Dari informasi tersebut, tampaknya Whitechapel sedang dikembangkan oleh Divisi Semiconduktor Samsung dalam skala besar.

Artinya, chip original Google ini akan memiliki beberapa kesamaan dengan chip Exynos, termasuk ke komponen software.

Sayangnya, Google belum memberikan informasi apapun mengenai chip terbaru buatannya. Mereka juga menolak memberikan klarifikasi dari kabar tersebut.