Digitalisasi dengan mengadopsi platform digital kini mulai gencar dilakukan oleh berbagai pasar tradisional di Tanah Air guna mendorong pemulihan ekonomi nasional akibat dari pandemi COVID-19.
Tokopedia merupakan salah satu platform e-commerce yang mendukung hal tersebut. Sebagai contoh, Pasar Cikurubuk dan Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka merupakan pasar di wilayah Jawa Barat yang telah merasakan dampak positif dari digitalisasi pasar melalui Tokopedia.
Bahkan, setelah melakukan digitalisasi, Pasar Tradisional Jabar mengalami kenaikan pesanan hingga lebih dari 4 kali lipat.
Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, mengatakan, “Digitalisasi pasar tradisional merupakan salah satu wujud inisiatif hyperlocal Tokopedia.
Lebih lanjut, Pemerintah Kota Tasikmalaya merupakan pemerintah daerah pertama yang melakukan digitalisasi pasar tradisional lewat Tokopedia pada April 2020.
Koperasi Pemasaran Pedagang Pasar Cikurubuk (KP3C) pun dilibatkan untuk memperkenalkan konsep baru ini kepada masyarakat setempat.
Baca Juga: Raditya Beer: Bawa Indonesia ke Panggung Global Lewat WIB Tokopedia
“Pasar Cikurubuk Online telah menyokong lebih dari 100 pedagang setempat yang terdampak pandemi. Sejak bergabung dengan Tokopedia, perlahan jumlah pesanan di Pasar Cikurubuk Online mulai naik hingga lebih dari 4 kali lipat dibandingkan sebelumnya,” ungkap Ketua Himpunan Pedagang Kota Tasikmalaya (HIPPATAS), H. Achmad Jahid, S.H.
Selain memastikan kualitas produk yang ditawarkan oleh seluruh penjual, koperasi pasar juga aktif menggunakan beragam fitur di Tokopedia, mulai dari TopAds dan Bebas Ongkir hingga turut serta dalam kampanye yang diadakan Tokopedia, seperti Karnaval Pengguna Baru.
Selain Pasar Cikurubuk, Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka juga menjadi salah satu pasar tradisional yang terus menggerakan perekonomian daerah di tengah pandemi melalui digitalisasi dengan berkolaborasi bersama Tokopedia.
Assistant Manager Koperasi Konsumen Pedagang Pasar Raja Cicalengka, Ridzky Alfaridzi, mengungkapkan, “Kehadiran platform digital seperti Tokopedia, menjadi solusi bagi para pedagang untuk kembali bangkit bersama melawan pandemi dengan memasarkan produk secara online.”
Dengan adanya sosialisasi intensif, kini ada lebih dari 100 pedagang di Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka Online.
“Selama kuartal 1 tahun 2021, Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka telah mencacatkan peningkatan jumlah pesanan hingga lebih dari 2 kali lipat,” tambah Ridzky.
Baca Juga: Terjual 1 Juta Unit, Ini Model Samsung Galaxy S21 yang Paling Laris