Find Us On Social Media :

VMware Cloud Jawab Tantangan Modernisasi Aplikasi di Era Multi Cloud

By Liana Threestayanti, Selasa, 6 April 2021 | 17:30 WIB

Ilustrasi VMware Multi Cloud

VMware memperkenalkan VMware Cloud, platform multi cloud terdistribusi yang akan membantu perusahaan mengakselerasi modernisasi aplikasi dan infrastruktur di data center, cloud, maupun di edge. 

Saat ini perusahaan menghadapi tantangan sistem yang sangat terdistribusi akibat adopsi strategi multi cloud and hybrid cloud yang terus meningkat. Perusahaan menghasilkan, menjalankan dan menyimpan workload dan data di banyak tempat. Aplikasi yang dijalankannya pun bisa berupa aplikasi modern dan tradisional. 

“Kita berada di titik puncak evolusi cloud dan aplikasi masa depan. Arsitektur menjadi kian tersebar dan makin mengarah ke multi cloud. Sementara itu, keberadaan aplikasi-aplikasi modern akan segera menggantikan aplikasi-aplikasi tradisional. Bagi CIO, tantangannya terletak bagaimana mereka mampu mengoptimalkan inovasi mutakhir ini tanpa menimbulkan kompleksitas-kompleksitas dan risiko baru,” ucap Raghu Raghuram, Chief Operating Officer, Products and Cloud Services, VMware.

Raghu mendeskripsikan strategi VMware Cloud sebagai sebuah portofolio layanan cloud modular yang menjalankan infrastruktur VMware Cloud Foundation di cloud apa pun juga di infrastruktur public cloud. Dengan fondasi ini, pelanggan dapat secara konsisten menjalankan aplikasi tradisional, aplikasi VMware, aplikasi berbasis Kubernetes, dan aplikasi database di mana saja.  

VMware Cloud adalah perpaduan Tanzu dan VMware Cloud Foundation. Dirilis pada 2019, Tanzu merupakan platform untuk pengembangan dan pengelolaan aplikasi modern yang juga dirancang untuk menyajikan Kubernetes berkelas enterprise dengan skala yang sesuai kebutuhan perusahaan. Sedangkan VMware Cloud Foundation menawarkan portofolio compute, storage, dan networking.  

VMware Cloud dibekali fitur yang memungkinkan perusahaan mengelola infrastruktur VMware Cloud di mana pun infrastruktur tersebut berada; dan memungkinkan perusahaan mendapatkan infrastruktur dan layanan VMware secara berlangganan sehingga akan lebih memudahkan pembayaran dan pengelolaannya. 

"VMware Cloud saat ini merupakan satu-satunya solusi cloud yang bisa dimanfaatkan di data center maupun jenis cloud apa pun yang digunakan guna mempercepat proses pemodernisasian IT dengan kecepatan dan kemudahan, serta dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi. VMware Cloud Universal memungkinkan pelanggan dalam memilih layanan yang ingin dibeli dan sekaligus bisa menggelar aplikasi-aplikasi tersebut di lintas lingkungan yang mereka gunakan. Mereka bisa memindahkannya seiring dengan dinamika kebutuhan bisnis atau aplikasi yang selalu berubah setiap saat,” jelas Raghu Raghuram.

Bersama diluncurkannya VMware Cloud, ada sejumlah penawaran baru yang diharapkan VMware akan menghadirkan pengalaman yang makin terintegrasi bagi pengguna.

VMware Cloud Universal, sebuah opsi pembayaran yang fleksibel, akan menyederhanakan proses pembelian dan pemanfaatan infrastruktur multi cloud VMware maupun pengelolaannya.

VMware Cloud Console menghadirkan visibiltas dan kontrol total terhadap infrastruktur VMware Cloud, di mana saja lingkungan tersebut digelar, baik itu di data center, cloud atau edge.

VMware App Navigator dirancang untuk mengakselerasi upaya modernisasi aplikasi di mana perusahaan dan VMware bekerja sama dan memanfaatkan tool automasi dan metode hands-on untuk melakukan assessment terhadap portofolio perusahaan dan menyelaraskan strategi dengan cloud yang tepat.