Find Us On Social Media :

BCA dan Blibli Digitalisasikan 12 Desa Binaan Bangkit dari Pandemi

By Indah PM, Rabu, 7 April 2021 | 15:30 WIB

Ilustrasi Digital Marketing

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyatakan komitmennya untuk terus mendukung program pemerintah, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Bentuk dukungan ini dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan maupun stimulus. Kali ini BCA berkolaborasi dengan pelaku e-commerce Blibli, memberikan nilai tambah bagi pelaku bisnis UMKM yang juga terimbas akibat pandemi.

Melalui Corporate Social Responsibility (CSR), BCA memiliki program Desa Binaan yang bertujuan untuk mengembangkan perekonomian di desa.  

Inge Setiawati, EVP CSR BCA menuturkan bahwa program kolaborasi yang disepakati dengan Blibli, sejalan dengan visi misi BCA yang ingin mengangkat desa binaan untuk lebih dekat dengan dunia digital.

"Kami menyadari bahwa di tengah kondisi yang masih membatasi ruang gerak ini, peran teknologi digital menjadi lebih masif dalam berbagai aspek kehidupan. Kegiatan pengembangan desa binaan ini juga merupakan bentuk perwujudan pilar dalam CSR BCA yaitu pilar solusi bisnis unggul,” ungkap Inge melalui diskusi virtual, Selasa (6/4/2021).

Kolaborasi strategis yang dilakukan oleh BCA dan Blibli diwujudkan melalui tiga program utama yaitu digitalisasi, pelatihan dan optimisasi.

Ketiga program ini sudah dirumuskan sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh desa binaan. Adapun tujuan akhir diadakannya kolaborasi ini adalah untuk membantu pengembangan dan pemasaran produk yang dihasilkan oleh desa binaan.

Untuk program pelatihan sendiri lebih difokuskan pada pengembangan sumber daya manusia, khususnya pengurus dan pelaku Desa Binaan.

Pengembangan SDM dilakukan melalui pelatihan dan edukasi yang materinya disesuaikan dengan masing-masing desa.

Jenis pelatihan antara lain pelayanan prima, pengelolaan keuangan, pelestarian lingkungan, pembuatan website, marketing digital dan banyak lagi.

Pada kesempatan yang sama, Senior Vice President of Seller Sales Operation & Development Blibli, Geoffrey L Dermawan mengungkapkan pelaku UMKM saat ini harus bisa bertransformasi digital agar tetap bisa kompetitif.

Geoffrey berpendapat, dengan masuk ke platform digital, pelaku UMKM dapat menjangkau pasar lebih luas, dan belajar bersaing dengan meningkatkan mutu kualitas produk karena mereka akan bertemu dengan para pelaku usaha lain di dalam satu platform.

Selain itu, Geoffrey menambahkan, e-commerce juga perlu melakukan kolaborasi strategis dengan berbagai pihak agar potensi digitalisasi UMKM berjalan maksimal.

"Oleh karena itu, Blibli sangat senang bisa bersinergi dengan BCA dalam program Desa Binaan Bakti BCA Goes Digital. Melalui kolaborasi ini, kami berharap potensi wirausaha UMKM dan destinasi wisata yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara ini dapat memperluas pasar wisata mereka di platform digital Blibli,” ungkap Geoffrey.

CSR BCA saat ini memiliki 12 desa binaan yang tersebar di beberapa wilayah. Ke-12 desa binaan tersebut antara lain Wirawisata Goa Pindul, Desa Wisata Pentingsari, Wisata Wayang Desa Wukirsari, Desa Wisata Tamansari, Doesoen Kopi Sirap, Kampung Batik Gemah Sumilir, Bukit Peramun, Wisata Aik Rusa Berehun, Gunong Lumut, Kampung Adat Sijunjung, Nagari Silokek, serta Desa Wisata Pucak Tinggan.

Program Desa Binaan ini juga memberikan penawaran menarik, mulai dari paket tour wisata dan produk UMKM melalui tautan di website Blibli.