Find Us On Social Media :

MediaTek dan Samsung Kenalkan TV 8K dengan Wi-Fi 6E Pertama di Dunia

By Cakrawala, Rabu, 7 April 2021 | 21:30 WIB

Ilustrasi MediaTek

MediaTek dan Samsung kemarin memperkenalkan TV terbaru Samsung yang diklaim sebagai TV 8K dengan Wi-Fi 6E pertama di dunia. Dinamakan Samsung 8K QLED Y21, TV flagship tersebut menggunakan MediaTek MT7921AU dalam menghadirkan Wi-Fi 6E-nya. Kolaborasi ini juga meneruskan kolaborasi tahun lalu. Pada saat itu, MediaTek dan Samsung memperkenalkan pula TV terbaru Samsung yang diklaim sebagai TV 8K dengan Wi-Fi 6 pertama di dunia. Wi-Fi 6E sendiri membolehkan penggunaan pita 6 GHz sehingga memungkinkan kinerja yang lebih baik dari Wi-Fi 6. MediaTek dan Samsung pun menegaskan kehadiran 8K QLED Y21 merupakan dorongan terhadap industri TV untuk terus maju.

“Para konsumen bergantung pada konektivitas yang cepat dan andal, baik saat mereka menggunakan TV untuk streaming, bermain gim, atau mengikuti olahraga. Kolaborasi kami bersama Samsung telah berperan penting dalam menghadirkan teknologi TV pintar terbaru kepada konsumen untuk mendukung penggunaan tersebut dan ke depannya,” ujar Jerry Yu (MediaTek Corporate Senior Vice President and General Manager of the Intelligent Devices Business Group). “Dengan teknologi konektivitas canggih kami, termasuk dukungan Wi-Fi 6, yang terintegrasi pada TV 8K milik Samsung, kami mendorong segmen TV pintar premium global terus maju,” tambahnya.

Tak hanya Wi-Fi 6E, MediaTek MT7921AU juga mendukung Bluetooth 5.2 sehingga makin memudahkan produsen TV untuk menawarkan konektivitas terkini. Adapun untuk kecepatan Wi-Fi 6E yang ditawarkan, MediaTek mengklaim MT7921AU menawarkan sebesar 1,2 Gbps. Dengan kecepatan tersebut plus pita 6 GHz yang lebih tidak padat, MediaTek meyakini pengguna Samsung 8K QLED Y21 bisa berinternet dengan lebih lancar, seperti ketika menonton video definisi tinggi secara streaming.

Tentunya manfaat Wi-Fi 6E seperti yang ditawarkan MediaTek MT7921AU tidak sekadar untuk TV pintar. Wi-Fi 6E ini menyerupai Wi-Fi 6, hanya saja bisa beroperasi memanfaatkan pita 6 GHz. Berkat tambahan pita tersebut, Wi-Fi 6E memiliki spektrum frekuensi yang lebih lebar. Alhasil, Wi-Fi 6E memungkinkan kinerja yang lebih baik dari Wi-Fi 6. Apalagi, pita 6 GHz yang baru dibuka ini — di beberapa belahan dunia — juga masih belum banyak yang menggunakan seperti halnya pita 2,4 GHz dan 5 GHz. Wi-Fi 6 sendiri, "diperbolehkan" beroperasi pada pita 2,4 GHz dan 5 GHz saja.