Find Us On Social Media :

Begini Cara Gunakan Fitur Perintah Lewat Suara 'Hey Spotify'

By Adam Rizal, Sabtu, 10 April 2021 | 14:00 WIB

Ilustrasi pengguna dengarkan layanan musik streaming Spotify

Layanan streaming musik Spotify meluncurkan fitur terbaru "'Hey Spotify" yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol aplikasi lewat perintah suara. Fitur itu mirip dengan asisten digital Google, Siri, atau Alexa.

Fitur Hey Spotify dapat ditemukan pada menu pengaturan "Settings" aplikasi. Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup mengucapkan kalimat "Hey Spotify" yang diiringi dengan judul lagu yang ingin diputar.

Fitur baru itu terlihat hampir serupa dengan kemampuan yang dimiliki asisten virtual Siri dan Google Assistant.

Meski demikian, perintah yang bisa dilakukan fitur ini tidaklah banyak.

Fitur hanya bisa melakukan perintah dasar seperti memutar lagu atau mencari lagu tertentu. Pada dasarnya, jika fitur ini diaktifkan, maka Spotify akan berada dalam posisi siaga untuk menerima perintah suara.

Namun, Spotify mengatakan aplikasi hanya akan menangkap suara atau perintah setelah pengguna mengucapkan kata kunci Hey Spotify. Fitur Hey Spotify juga hanya aktif dalam keadaan tertentu, yakni ketika kondisi layar smartphone masih menyala dan aplikasi Spotify masih dalam keadaan terbuka.

Apabila kedua syarat tadi tidak dipenuhi, maka pengguna tidak dapat mengaktifkan fitur pengendali suara ini sebagaimana dirangkum GSM Arena.

Fitur Hey Spotify tidak dapat digunakan untuk mengerjakan perintah lain, seperti menutup aplikasi atau memutar lirik.

Demi menjaga hak privasi pengguna, Spotify hanya menyimpan rekaman dan data pencarian yang pengguna katakan lewat perintah suara.