Find Us On Social Media :

Apa saja Peran Lintasarta dalam Membangun Indonesia?

By Adam Rizal, Minggu, 11 April 2021 | 15:15 WIB

Lintasarta

Tidak mudah bagi sebuah perusahaan mampu berdiri dan bertahan lama di Indonesia, mengingat persaingan pasar yang keras. Hanya perusahaan yang memiliki komitmen, tangguh dan berkualitas yang mampu bertahan lama di Indonesia seperti Lintasarta.

Lintasarta yang berdiri 1998 telah membuktikan kiprahnya sebagai perusahaan ICT nomor satu di Indonesia. Sudah tidak terhitung pengabdian dan pengorbanan Lintasarta terhadap negeri tercinta ini, mulai dari solusi layanannya, kegiatan CSR-nya dan termasuk mempekerjakan SDM terbaik di Indonesia.

Lintasarta telah lama menjadi bagian dari perkembangan industri manapun di Indonesia, terutama pada industri keuangan dan perbankan. Kiprahnya selama lebih dari tiga dekade membangun sebuah reputasi unggul di antara pelanggan korporasi di Indonesia dan menjadikannya mitra ICT terpercaya.

Saat ini Lintasarta didukung oleh 1.900 clients terbaik dan 20.000 lebih jaringan yang siap melayani pelanggan kapanpun dan dimanapun. Tak heran, dedikasi Lintasarta memberikan pelayanan TI dan komunikasi data yang memuaskan kepada pelanggan selama lebih dari tiga dekade telah membuahkan pengakuan dari institusi terkemuka dalam maupun luar negeri, telah membuahkan pengakuan dari institusi terkemuka dalam maupun luar negeri.

Lantas apa saja kipra Lintasarta dalam membangung negeri tercinta Indonesia? Berikut ulasannya:

Power House HUB VSAT

Lintasarta Bangun Power House HUB VSAT

Lintasarta, perusahaan Information and Communications Technology (ICT) Total Solutions melakukan peningkatan fasilitas infrastruktur untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada para pelangan.

Lintasarta pun meresmikan pembangunan Power House HUB VSAT (Very Small Aperture Terminal) dan memperluas Network Operation Control di Jatiluhur. HUB merupakan sistem utama jaringan VSAT dan merupakan jantung dari sistem komunikasi satelit. Untuk memberikan layanan yang terbaik itulah, maka keandalan sistem HUB harus berstandar tinggi dengan melakukan improvement terhadap sistem power dan sistem HUB VSAT.

Power sistem itu mendukung keseluruhan sistem HUB dan Ground Segment Lintasarta di Jatiluhur yang saat ini melayani lebih dari 15.000 jaringan pelanggan di seluruh Indonesia dengan total 17 sistem HUB dan 14 Antenna yang mengarah ke 10 satelit yang berbeda.

Menurutnya, sistem yang dibangun ini mengadopsi konsep dan setara dengan tier III data center dari Uptime Institute sehingga gangguan maupun pemeliharaan terhadap salah satu sistem tidak akan menyebabkan gangguan pada jaringan pelanggan.

NOC di Jatiluhur yang diresmikan bersamaan pada hari ini memiliki kapasitas lebih besar yang digunakan untuk memonitor 24x7 jaringan pelanggan dan sistem HUB dengan jumlah sistem yang memonitor lebih banyak.

Smart City

Lintasarta memberikan dukungan penuh pada pembangunan smart city di Pemkab Siak, Provinsi Riau.

Siak Riau

Lintasarta kembali memberikan support bagi wilayah-wilayah di Indonesia dalam merealisasikan smart city. Setelah membantu membangun lebih dari dua puluh wilayah kota/kabupaten di Indonesia dalam menerapkan smart city, kali ini Lintasarta memberikan dukungan penuh pada pembangunan smart city di wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, Provinsi Riau.

"Smart City untuk mendukung keputusan strategis dan penyusunan program berkelanjutan dari Pemkab Siak, diantaranya terkait event dan pengembangan potensi wisata, monitoring limbah yang mengalir di sungai, monitoring dan langkah antisipasi kebakaran hutan/lahan, yang keseluruhannya ditunjang oleh data-data berbasis elektronik dan IoT,” kata Lintasarta Senior Manager Central Sumatera Area, Bapak Zulfahmi.

Untuk membantu terealisasinya smart city di wilayah Pemkab Siak, Lintasarta memberikan kontribusi mulai dari Smart City Platform, Smart Tourism, Akses Internet, dan CCTV yang terintegrasi dengan aplikasi milik pemerintah daerah.

Di tahap awal, penerapan smart city di Kabupaten Siak fokus pada integrasi data ke sebuah platform smart city yang dinamakan SKOTA DATA, serta pengembangan pariwisata melalui pembangunan aplikasi mobile Smart Tourism (Android).

SKOTA, merupakan Solusi Kota milik Lintasarta yang membantu industri pemerintahan dalam memberikan layanan smart city terbaik pada masyarakat kota dan daerah. SKOTA menawarkan solusi menyeluruh yang terbagi dalam beberapa tahapan, mulai dari perencanaan, implementasi, hingga sosialisasi pada masyarakat.

Indonesia melalui teknologi menjadi komitmen Lintasarta serta kolaborasi sebagai salah satu kunci sukses dalam mendukung tujuan tersebut. Penerapan smart city di wilayah Pemkab Siak menambah daftar kota dan kabupaten yang didukung oleh Lintasarta dalam pengimplementasian Smart City.

Mimika

Gandeng Lintasarta, Mimika Bangun Command Center Pertama di Papua

Lintasarta support Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua, bangun Mimika Command Center (MCC) yang merupakan command center pertama di Papua. Mimika Command Center dibangun untuk membantu perkembangan Ibu Kota Kabupaten Mimika, Timika, Papua.

“Dukungan penuh yang diberikan Lintasarta menunjukkan konsistensi dalam mendukung program pemerintah dalam mengimplementasikan Smart City di Tanah Air,” papar General Manager Corporate Secretary Lintasarta Ade Kurniawan, dalam keterangan pers-nya. Selain itu, lanjutnya, ini sejalan dengan tagline Lintasarta Empowering Your Future yang mendorong kemajuan bangsa untuk masa depan yang lebih baik.

Selain Command Center, terdapat 10 unit Closed Circuit Television (CCTV) yang dipasang di 10 titik lampu lalu lintas dan 2 unit CCTV di kantor pusat pemerintahan Timika yang terhubung ke MCC, jaringan komunikasi yang menghubungkan 34 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Video Conference yang digunakan untuk berkomunikasi dengan distrik-distrik hingga OPD, penyewaan Bandwidth Internet yang dipusatkan di Data Center Kominfo dan MCC, serta platform yang dapat mengintegrasikan semua aplikasi OPD dalam satu layar di MCC.

Dengan keberadaan Mimika Command Center, diharapkan akan membantu Polisi melacak data pelaku kriminal di jalan raya karena nomor plat kendaraan akan terdeteksi oleh sistem Intelligence Video Analytic (IVA) yang terintegrasi ke sistem SAMSAT.

Mimika Command Center menambah daftar kota dan kabupaten yang didukung oleh Lintasarta dalam pengimplementasian Smart City, seperti di Kabupaten Badung, Bali; Kota Batu, Malang; dan Langkat, Sumatera Utara. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Information and Communications Technology (ICT), Lintasarta terus berinovasi untuk membangun Indonesia yang lebih baik, salah satunya adalah dengan menghadirkan solusi Smart City yang dapat digunakan dari Sabang sampai Merauke.

Pengimplementasian solusi Lintasarta Smart City dimulai dari Masterplan, Infrastruktur yang mencakup Fiber Optic, Data Center dan Command Center, Integrasi Data, Aplikasi seperti Smart Farmer, Smart Tourism, Citizen Request dan e-Tax, Manajemen Perubahan, dan Sosialisasi.

CSR

JakWIFI

Lintasarta

Dalam rangka memberikan kemudahan akses internet bagi masyarakat, serta menuju standar pelayanan kota berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terutama di era pandemi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan program JakWIFI - Internet untuk Semua yang digaungkan sejak Agustus 2020.

Lintasarta sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi, turut berpartisipasi dalam pelaksanaan program JakWIFI tersebut sejalan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) Lintasarta pada Pilar Sejahtera.

“Melalui CSR Lintasarta di Pilar Sejahtera dan Pintar, Lintasarta sebagai korporasi ikut bertanggung jawab dalam peningkatan kesejahteraan dan mutu Pendidikan masyarakat sekitar dengan direalisasikannya penyediaan internet gratis,” Ujar Ade Kurniawan, General Manager Corporate Secretary Lintasarta.

Melalui Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL), Lintasarta berpartisipasi dalam program ini melalui kegiatan CSR penyediaan wifi gratis di beberapa lokasi wilayah Pinangsia, Jakarta Barat.

Lokasi ini berada di Kawasan permukiman padat penduduk dan menjadi salah satu lokasi sentra kegiatan masyarakat misalnya untuk kegiatan belajar mengajar anak-anak dan kegiatan rutin warga lainnya.

Startup Digital

Sembilan usaha rintisan digital (startup) terbaik telah terpilih untuk masuk dalam ajang Demoday Lintasarta Appcelerate.

Lintasarta sudah 3 tahun membangun ekosistem startup digital, salah satunya kolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Kerjasama ini dengan membangun inkubasi dan akselerasi untuk para inventor muda yang nantinya menjadi technopreneur atau startup digital B2B.

Terkait dengan IKM, Lintasarta melalui program Appcelerate yang telah berlangsung sejak 2016, telah memberikan akses terhadap layanan cloud computing bagi para startup yang menjadi binaan.

Lintasarta Appcelerate adalah ajang pembuatan rencana bisnis dalam bentuk inovasi produk atau aplikasi digital, seperti mobile application, yang memiliki nilai bisnis dan dapat diterapkan untuk mendukung berbagai sektor industri seperti banking, financial, oil & gas, plantation, manufacture, e-health, logistic, transportation, dan smart city. Nantinya produk-produk dari Appcelerate akan dipasarkan ke lebih dari 2.400 pelanggan Lintasarta.

Ramadan

Lintasarta kembali menyalurkan ratusan paket Ramadhan dan menggelar pengobatan gratis dalam rangka pelaksanaan Program Teras Sehat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di wilayah Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang ICT, Lintasarta bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam menyelenggarakan kegiatan sosial dibidang kesehatan dan pangan bagi masyarakat dhuafa.