Find Us On Social Media :

Garap Segmen Mikro, PermataBank Akuisisi Pasar Kopro dengan PermataQR

By Indah PM, Kamis, 15 April 2021 | 08:30 WIB

PermataBank akuisisi kios-kios di Pasar Kopro dengan Permata QR.

Tak dimungkiri, meningkatnya pemanfaatan transaksi nontunai (cashless), terutama di era pandemi menunjukkan kesadaran masyarakat akan pentingnya teknologi digital perbankan.

Untuk itulah, guna mendukung Percepatan Ekonomi Nasional (PEN), PermataBank bekerjasama dengan Bank Indonesia dan PD Pasar Jaya, siap memberikan solusi nontunai melalui PermataQR.

Langkah tersebut dilakukan PermataBank melalui kegiatan akuisisi pasar tradisional modern, dengan penerapan sosialisasi QR Indonesian Standard (QRIS), di Pasar Tomang Barat (Kopro) Tanjung Duren, Jakarta Barat, pada Minggu (11/4/2021).

Inisitiatif ini merupakan bentuk dukungan PermataBank kepada Bank Indonesia dalam mewujudkan target 12 Juta merchant QRIS di 2021. PermataBank sendiri telah masuk dalam jajaran Bank BUKU IV di Indonesia.

Kegiatan akuisisi di Pasar Tomang Barat (Kopro) Tanjung Duren dilakukan di kios-kios pasar yang telah menerapkan transaksi melalui QRIS, guna memberikan pengalaman bertransaksi yang terdigitalisasi.

Langkah ini dinilai memudahkan para merchant, terutama yang bergerak dalam skala UMKM untuk menggunakan PermataQR sebagai salah satu platform transaksi digital mereka.

PermataQR yang dikembangkan PermataBank memiliki media QR yang lengkap sesuai dengan kebutuhan merchant, yakni aplikasi PermataQR, stiker, EDC maupun API.

Sebelumnya, PermataBank bersama Bank Indonesia dan pelaku UMKM juga telah melakukan sosialisasi melalui talkshow bertema “Bicara QRIS dan GPN serta Optimisme Pelaku UMKM di Kawasan Wisata DKI Jakarta” pada 9 April 2021.

PermataBank sendiri menyediakan aplikasi PermataQR bagi merchant yang telah memiliki standar QRIS.

Sejak diluncurkan pada Oktober 2020, PermataQR telah bekerjasama dengan lebih dari 150 ribu merchants. Hal ini tercapai berkat kemudahan pengajuan aplikasi merchant yang dapat dilakukan secara digital.

Indra Gunawan (Head of Digital Channel PermataBank) menegaskan, melalui PermataQR, PermataBank berfokus untuk menggarap segmen mikro atau UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian nasional.

"Kami berharap dapat menjadi mitra terdepan bagi Bank Indonesia untuk mencapai target 12 juta merchant QRIS yang bertujuan untuk menciptakan inklusi keuangan digital di masyarakat," ujar Indra, melalui keterangan tertulis kepada InfoKomputer, Selasa (13/4/2021).

Indra juga menambahkan, dengan transaksi QR, merchant akan mendapatkan berbagai manfaat seperti dapat meningkatkan penjualan, menurunkan biaya pengelolaan uang tunai/uang kecil karena tidak memerlukan uang kembalian, transaksi tercatat otomatis dan mengurangi potensi penerimaan uang palsu, serta menurunkan resiko uang tunai hilang atau dicuri.

PermataBank juga memberikan cashback 30% kepada nasabah pengguna PermataMobile X, untuk setiap transaksi di merchant PermataQR. Ada pula program undian berhadiah bagi merchant selama Februari-Juli 2021, dengan rincian hadiah yakni 1 unit mobil Toyota Calya, 2 unit motor Honda dan 130 tabungan senilai total Rp300 juta.