Find Us On Social Media :

AMD Rilis Prosesor Ryzen 5000 G-Series dengan Chip Grafis Onboard

By Dayu Akbar, Rabu, 14 April 2021 | 14:28 WIB

Setelah Oktober 2020 lalu menghadirkan Ryzen 5000 series, AMD kembali meluncurkan prosesor desktop yang kali ini telah disematkan chip grafis terintegrasi (onboard) Radeon Graphics melalui Ryzen 5000 G-series. Penyematan huruf G sendiri menegaskan tambahan fitur chip grafis generasi terbaru sehingga pengguna tidak perlu lagi menambahkan kartu grafis diskret (terpisah) ketika hendak membangun PC desktop. Total ada 12 SKU prosesor yang hadir pada Ryzen 5000 G-series. Mulai dari yang tertinggi yaitu Ryzen 7 5700G sampai yang paling rendah yaitu Ryzen 3 5300GE. Masih sama seperti sebelumnya, ada dua kode di belakang SKU prosesor yaitu G dan GE. Untuk kode G memiliki TDP 65 watt dan kode GE punya TDP lebih rendah yaitu 35 watt.AMD Ryzen 7 5700G memiliki 8 core 16 thread serta base clock 3,8 GHz yang bisa ditingkatkan hingga 4,6 GHz. Sementara GPU-nya memiliki 8 core dengan frekuensi clock 2000 MHz dengan konektivitas yang mendukung DisplayPort dan HDMI.Ryzen 5000 G-Series masih menggunakan arsitektur Zen 3 yang sama dengan Ryzen 5000 series dengan proses fabrikasi 7 nm. AMD menyebutkan bahwa arsitektur Zen 3 menjanjikan peningkatan hingga 19 persen dalam instructions per cycle  (IPC). Peningkatan ini jadi yang terbesar sejak adanya prosesor "Zen" di tahun 2017.   

Arsitektur ini juga mengurangi latensi dari core yang terakselerasi dan komunikasi cache dan menggandakan L3 cache per core yang dapat diakses langsung sambil memberikan performa per watt 2,8X lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor.

Sementara dari sisi GPU, AMD masih menggunakan arsitektur lama yaitu Vega dan bukannya RDNA yang digunakan pada GPU Radeon terbaru. Namun demikian, AMD menyebutkan bahwa GPU Radeon terbaru ini hadir sebagai solusi bagi berbagai kebutuhan komputasi, mulai dari penyuntingan foto atau video, gaming dengan resolusi full HD, sampai streaming dengan resolusi 4K.Hanya saja Ryzen 5000 G-Series baru tersedia untuk para pembuat OEM. Jadi konsumen belum bisa membelinya secara terpisah dan hanya bisa mendapatkannya dalam bentuk PC desktop. AMD juga menjanjikan bahwa PC desktop dengan prosesor tersebut akan hadir dalam beberapa minggu mendatang setelah peluncurannya.