Find Us On Social Media :

Mengungkap Kunci Sukses Implementasi Hybrid Cloud

By Fathia Yasmine, Rabu, 14 April 2021 | 17:33 WIB

Ilustrasi hybrid cloud

Riset NTT Hybrid Cloud Report tahun 2021 menyebutkan bahwa dalam 12 bulan terakhir, sebanyak 32,4 persen perusahaan melakukan migrasi dari public cloud ke private cloud atau ke lingkungan non-cloud.

Hal tersebut disebabkan oleh berbagai alasan, mulai dari kerumitan integrasi data, biaya, hingga kesulitan migrasi.

Alih-alih memindahkan seluruh lini bisnis ke ranah private cloud atau kembali menggunakan metode konvensional yang memakan biaya tidak sedikit serta kurang efisien, perusahaan sesungguhnya bisa memanfaatkan layanan hybrid cloud. 

Hybrid cloud merupakan gabungan dari public cloud dan private cloud. Banyak perusahaan di Indonesia yang sudah mengadopsi jenis cloud ini untuk menyimpan data sensitif aplikasi.

Infrastruktur kritis dibangun menggunakan layanan private cloud. Sementara, layanan terpilih lainnya serta materi yang masih dilingkup pengembangan dapat diarahkan ke  public cloud.

 Baca Juga: Pentingnya Strategi SEO untuk Pelaku Bisnis Tingkatkan Profit

Keleluasaan ini dinilai mampu meningkatkan kelincahan perusahaan dalam menghadapi berbagai risiko dan perubahan.  Sebanyak 61,6 persen perusahaan menganggap bahwa keamanan dan compliance menjadi alasan pertama mereka dalam mengadopsi hybrid cloud.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengadopsi hybrid cloud, ada baiknya perusahaan mengetahui terlebih dahulu strategi dan siasat bisnis mengadopsi cloud ini secara tepat guna.

Perusahaan perlu mengetahui bagaimana perkembangan cloud di Indonesia serta peraturan yang mendukung pemanfaatannya saat ini. Selain itu, perusahaan juga perlu meninjau kembali apakah implementasi hybrid cloud yang sudah ada betul-betul sudah sesuai dengan perkembangan yang ada.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana strategi dan implementasi hybrid cloud, Anda bisa mengikuti webinar Infokomputer “Tech Gathering: Mengungkap Kunci Sukses Adopsi Cloud Computing” pada Rabu, 21 April 2021 pukul 10.00-11.40 WIB melalui Zoom.

Baca Juga: Ini Daftar Situs Streaming Film Legal untuk Menunggu Berbuka Puasa

Menghadirkan Google Cloud, NetApp dan NTT Indonesia sebagai penyedia layanan dan jasa cloud, Anda akan diajak untuk mempelajari lebih detail mengenai implementasi hybrid cloud dan bagaimana menyiasati tantangan yang muncul. Hadir juga perwakilan dari XL Axiata yang akan berbagi kisah sukses tentang adopsi platform ini.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran diri, Anda dapat langsung mengunjungi laman pendaftaran melalui tautan Tech Gathering: Mengungkap Kunci Sukses Adopsi Cloud Computing.