Find Us On Social Media :

Jenius Apresiasi Masyarakat Digital Atur Keuangan di Masa Pandemi

By Indah PM, Senin, 19 April 2021 | 10:30 WIB

Waasi B. Sumintardja (Digital Banking Business Product Head Bank BTPN).

Jenius, solusi keuangan digital dari Bank BTPN, meluncurkan program #LakukanDenganCaramu. Melalui program ini, Jenius ingin memgapresiasi cara-cara unik masyarakat dalam mengelola keuangan, khususnya di masa pandemi ini.

Waasi B. Sumintardja (Digital Banking Business Product Head Bank BTPN), menjelaskan latar belakang program #LakukanDenganCaramu adalah adaptasi yang telah dilakukan masyarakat selama setahun belakangan dalam hal finansial.

“Selama lebih dari satu tahun, kita beradaptasi dengan mengubah cara dalam melakukan banyak hal. Mulai dari cara bekerja, belajar, bersosialisasi, bersenang-senang, sampai cara mengelola keuangan. Jenius hadir mendukung masyarakat digital savvy (melek digital) untuk terus maju, berkembang, dan beradaptasi, lewat beragam inovasi untuk membantu para pengguna mencapai tujuan finansialnya masing-masing,” tutur Waasi, melalui diskusi virtual.

Berdasarkan Jenius Study yang bertajuk "Adaptasi Masyarakat Digital Savvy Selama Pandemi", yang melibatkan 527 responden berusia 26-40 tahun, terungkap lima cara yang mereka lakukan untuk beradaptasi dengan keadaan baru dan yang membuat tetap bahagia adalah berpikir positif (17%), bersyukur (14%), menonton (13%), bermain games (10%), dan menekuni hobi (10%).

Responden juga memiliki resolusi di 2021, yaitu menjaga kesehatan mental (58%), belajar skill baru (56%), memulai atau mengembangkan usaha (51%), menikah (23%), dan renovasi atau mendekor ulang tempat tinggal (23%).

Berdasarkan Jenius Study untuk mengetahui kondisi finansial masyarakat digital savvy, yang dilakukan kepada 567 responden berusia 26-40 tahun, terlihat perubahan pada cara bertransaksi.

Sebelum pandemi, penggunaan mobile/digital banking sebesar 71% dan ATM sebesar 45%, namun selama pandemi terjadi peningkatan mobile/digital banking menjadi 83% dan penurunan pada ATM menjadi 34%.

Masyarakat digital savvy juga mengaku banyak menunda atau membatalkan rencana mereka (82%), antara lain liburan (85%), investasi (26%), membeli properti (21%), membeli kendaraan (16%), dan melanjutkan pendidikan (15%).

Mereka menyatakan memilih untuk mengubah alokasi dana yang tadinya telah disiapkan untuk rencana tersebut menjadi tabungan (38%), investasi (24%), kebutuhan sehari-hari (14%), deposito (9%), dan produk kesehatan (3%).

Tujuan finansial mereka di 2021 adalah kondisi keuangan yang stabil (80%), lebih banyak menabung (68%), investasi (54%), menyiapkan dana darurat (44%), dan memiliki aset (44%).

Program #LakukanDenganCaramu memiliki tiga pilar, yaitu #adajenius, #carajenius, dan #barengjenius.

Melalui #adajenius, Jenius memperkenalkan berbagai pilihan fitur yang dapat mendukung pengguna menghadapi kehidupan yang terus berubah dan tidak terduga. Fitur ini ada untuk menyesuaikan kebutuhan dan dapat digunakan dengan cara mereka sendiri. Misalnya, untuk membantu pengguna bertransaksi lebih aman secara nontunai, dengan Jenius QR dan Jenius Pay.

Melalui pilar #carajenius, Jenius mengapresiasi perbedaan cara setiap pengguna Jenius dalam menjalani hidup dan menggunakan fitur Jenius untuk mengelola keuangan, baik untuk kebutuhan personal maupun bisnis. 

Sedangkan pilar ketiga, #barengjenius, Jenius mengajak pengguna untuk bersama-sama belajar hal baru, beradaptasi, berinovasi, berkokreasi, dan saling berbagi solusi melalui Jenius Co.Create.

Beragam kelas & workshop dengan berbagai topik tentang finansial, teknologi, dan kreativitas dapat diikuti melalui https://www.cocreate.id/.

“Sesuai dengan semangat kokreasi dan kolaborasi yang kami usung sejak awal, kami mendengarkan dan menerima banyak cerita inspiratif dari teman Jenius tentang bagaimana mereka beradaptasi. Melalui program #LakukanDenganCaramu, kami ingin menjangkau lebih banyak digital savvy untuk bersama-sama bertumbuh dan saling menginspirasi dalam kondisi saat ini”, tutup Waasi.