Find Us On Social Media :

Instagram Hadirkan Instagram Lite dan Kampanye #MonthofGood

By Liana Threestayanti, Jumat, 16 April 2021 | 12:45 WIB

Instagram Lite hadir di Indonesia, ini tampilannya.

Mendukung para pengguna Indonesia tetap terhubung dan merayakan Ramadan tahun ini secara virtual, Instagram meluncurkan Instagram Lite di Indonesia.

Platform yang menghubungkan pengguna dengan hal-hal dan orang-orang yang disukainya ini juga kembali menghadirkan kampanye #MonthofGood atau #BulanKebaikan. Kampanye ini bertujuan mengajak para pengguna Instagram untuk berbagi lebih banyak inspirasi dan ekspresi kebaikan di bulan suci ini.

“Bulan Ramadan identik dengan kegiatan berbagi, baik berbagi cerita, maupun berbagi kebaikan. Setahun bergelut dengan pandemi tentu tidak meredam semangat berbagi tersebut di antara para pengguna Instagram, meskipun tahun ini kita masih tetap harus melakukannya secara online. Dengan kehadiran Instagram Lite dan kampanye #MonthofGood, kami ingin Instagram menjadi tempat bagi para pengguna menjadi pribadi yang lebih kreatif dan ekspresif untuk terus berbagi kebaikan dengan orang-orang tercinta yang terhubung secara virtual,” Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia berharap.

Instagram Lite Hadir di Indonesia 

Instagram Lite secara resmi hadir di Indonesia dan akan segera tersedia di Google PlayStore mulai minggu depan.

Instagram Lite merupakan versi Instagram untuk Android yang lebih ringan dengan kuota internet yang lebih hemat. Fitur ini berukuran kurang dari 2MB, sehingga dapat diunduh dan menampilkan konten secara lebih cepat. 

Instagram Lite dirancang untuk memberikan pengalaman menjelajahi Instagram secara lebih maksimal bagi para pengguna, terlepas dari jenis perangkat yang mereka gunakan maupun kualitas jaringan internet di mana pengguna berada saat itu. 

Melalui Instagram Lite, Instagram berharap dapat memberikan cara baru bagi para pengguna untuk berbagi cerita, terhubung dengan hal-hal yang mereka sukai, serta bersilaturahmi bersama teman dan kerabat terdekat di bulan Ramadan tahun ini, maupun momen penting lainnya. 

Kampanye #MonthofGood dari Instagram 

Memasuki bulan Ramadan, Instagram kembali menggelar kampanye #MonthofGood untuk menambah kemeriahan. Salah satu aktivitas yang akan membantu pengguna memeriahkan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu ini adalah menghadirkan stiker-stiker menarik karya seorang desainer asal Bahrain, @haluulie. Ketiga Stiker Ramadan ini dapat ditemukan di Galeri Stiker pada Instagram Stories pengguna. 

Untuk memudahkan pengguna dalam merayakan momen Ramadan secara virtual, Instagram juga memunculkan sebuah Instagram Story yang berisi kumpulan Stories dari orang-orang yang diikuti oleh pengguna dan menggunakan Stiker Ramadan tersebut. Stories gabungan tersebut dapat ditemukan pada Stories bar.  

Selain itu, mengulang kesuksesan tahun sebelumnya, di Indonesia Instagram akan berkolaborasi dengan enam figur publik tanah air untuk mengajak para pengguna mengisi waktu ngabuburit dengan mengikuti berbagai percakapan menarik di serial Instagram LIVE bertajuk #NgabuburitdiInstagram. Berlangsung setiap hari Sabtu selama 30 menit, para figur publik ini akan berbincang-bincang seputar bentuk kebaikan versi mereka yang bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat di Indonesia.  

Sebagai pembuka, @ersamayori dan @meisya__siregar akan hadir dalam sesi #NgabuburitdiInstagram pada hari Sabtu, 17 April 2021 jam 16.00 WIB. Keduanya akan membahas seputar inspirasi berbagi kebaikan terhadap lingkungan melalui hobby tanaman hias. Dalam beberapa pekan selanjutnya akan ada @nadinelist dan @davinaveronica yang akan berbagi inspirasi langkah kecil yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesejahteraan bumi pertiwi dalam memperingati Hari Bumi, serta @prillylatuconsina96 dan @officialpilarez yang akan membahas seputar kontribusi mereka dalam memberi manfaat positif di kehidupan orang-orang terdekat.  

“Tahun lalu, Instagram mencatat adanya ribuan postingan dari seluruh dunia yang menggunakan tagar #MonthofGood dengan total lebih dari 7 juta interaksi pada postingan-postingan tersebut. Hal ini semakin membuktikan bahwa bulan Ramadan menjadi momen penuh kebaikan bagi setiap individu, termasuk para pengguna dan konten kreator yang dapat terus memanfaatkan fitur-fitur Instagram guna memaksimalkan perayaan bulan penuh kemenangan dan terus menebarkan kebaikan meski #dirumahaja,” ujar Pieter.