Find Us On Social Media :

Wow! Kamera Flagship Samsung Galaxy S22 Pakai Teknologi Olympus

By Adam Rizal, Minggu, 18 April 2021 | 12:00 WIB

Samsung Galaxy S22

Saat ini pabrikan smartphone berlomba-lomba memperkenalkan smartphone dengan kamera ciamik.

Tak heran, para pabrikan smartphone pun menggandeng perusahaan kamera seperti Huawei dengan Leica, Zeiss yang dulu digandeng Nokia dan kini juga dengan Vivo, dan terbaru adalah OnePlus dengan Hasselblad.

Tak mau kalah, Samsung pun dikabarkan bakal menggandeng pabrikan kamera Olympus untuk meningkatkan kemampuan kamera di smartphone terbarunya Galaxy Fold 3 atau pun Galaxy S22 Ultra.

Rumor itu dihembuskan oleh Yogesh lewat akun @heyitsyogesh di Twitter. Rumor serupa juga dikicaukan oleh IceUniverse, yang menyebut kabar kerja sama Samsung dengan Olympus itu akurat seperti dikutip Petapixel.

Kerja sama antara Samsung dan Olympus itu adalah penerapan teknologi stabilizer sensor shift di kamera Fold 3 ataupun S22. Teknologi itu sebelumnya dipakai Apple di iPhone 12 Pro Max.

Sensor shift sebenarnya bukan teknologi baru karena sudah sering diterapkan di kamera mirrorless dengan nama beken: in body stabilization (IBIS). Namun untuk ranah smartphone, teknologi itui belum lazim.

Sistem stabilizer gambar yang biasanya dipakai hanya optical image stabilization (OIS) yang berbasis di lensa.

Sistem IBIS yang dipakai Olympus di kamera mirrorlessnya memang salah satu yang terbaik dibanding pesaingnya.

Bocoran Spesifikasi

Sejumlah gambar render 3D yang dirilis situs pembocor gadget asal Belanda, LetsGoDigital mengungkapkan desain Galaxy S22 yang dirancang oleh desainer gadget Technizo Concept.

Berdasarkan bocoran gambar tersebut, bisa dilihat bahwa salah satu model Galaxy S22, kemungkinan versi Ultra, memiliki modul kamera belakang yang ditempeli dengan tulisan "200 MP Olympus Camera".

Modul kamera yang berbentuk persegi dengan sudut membulat yang tampak diletakkan di pojok kiri atas punggung ponsel tersebut juga memuat sejumlah kamera dan LED flashlight.

Salah satu yang paling mencolok adalah lensa kamera utama berukuran bongsor yang disinyalir beresolusi 200 megapiksel. Kamera beresolusi besar ini disinyalir berfungsi untuk menciptakan foto dengan cahaya yang optimal.

Konon, Samsung sendiri memang tengah mengembangkan kamera dengan resolusi yang lebih besar dari kamera utama Galaxy S21 Ultra, yaitu 108 megapiksel. Sehingga, wajar saja apabila resolusi kamera utama Galaxy S22 nanti lebih besar dibanding pendahulunya.

Beralih ke bagian depan, layar Galaxy S22 terlihat mengusung desain layar bezel-less. Layar ini juga tampak tidak dihiasi dengan modul yang biasa menampung kamera selfie.

Di antaranya seperti tombol volume, tombol power, port USB tipe-C, lubang mikrofon, lubang speaker, dan laci kartu SIM. Artinya, ponsel ini tidak dibekali dengan audio jack 3,5 mm.

Ada pula aksesori S-Pen yang diletakkan di punggung perangkat, mengindikasikan Galaxy S22 kemungkinan bisa dioperasikan menggunakan pena digital khas Samsung tersebut.

Konon, suksesor Galaxy Z Fold 2 tersebut akan dikuak dalam acara "Galaxy Unpacked" pada 28 April mendatang, bersama dengan sejumlah perangkat lainnya seperti Galaxy Book Pro, Book Pro 360, atau Flip 2. Benarkah? Kita nantikan saja.