Find Us On Social Media :

Kolaborasi Swasta dan Publik, Upaya Cetak Ilmuwan Data di Asia

By Liana Threestayanti, Selasa, 20 April 2021 | 19:30 WIB

Ilustrasi ilmuwan data, data scientist

Penulis: Nick Lim, General Manager, Asia Pasifik dan Jepang, TIBCO Software

Kolaborasi antara sektor swasta dan publik perlu dijalin guna mengatasi tantangan kelangkaan talenta data scientist atau ilmuwan data.

Data digelari 'komoditas paling berharga' berikutnya di dunia tahun ini karena banyak perusahaan berhasil mengatasi gangguan serta realitas ekonomi baru. Meskipun memiliki data berkelanjutan yang melimpah di ujung jarinya, sebagian besar perusahaan masih kekurangan sumber daya internal untuk memanfaatkannya secara real time, dengan keterampilan ilmu data yang terasah dengan baik, dalam waktu singkat. 

Mengadopsi solusi manajemen data dan mengotomatisasi tugas-tugas terkait data sangatlah efektif dalam mengurangi kesenjangan. Namun langkah ini hanya menyelesaikan sebagian saja dari masalah saat in. Pasalnya, kebutuhan perusahaan telah berkembang, lebih dari sekadar menganalisis data. Sekarang, setiap departemen fungsional membutuhkan tenaga kerja yang dapat menangani tantangan data, dilatih untuk menghubungkan titik-titik secara real time, dan dapat mengubah wawasan ini menjadi tindakan tepat dari awal.

Menyebarkan keterampilan analitik tingkat lanjut

Untuk perguruan tinggi dan institut teknologi, mengajarkan nilai data yang sebenarnya kepada mahasiswa dan memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan untuk bertindak berdasarkan wawasannya dapat menjadi hal yang rumit untuk dicapai, dan tentu melibatkan banyak teknologi. 

Salah satu cara yang kerap ditempuh adalah kolaborasi antara institusi pendidikan. Contohnya adalah program Aliansi Akademik TIBCO. Melalui program aliansi semacam ini, universitas dapat menawarkan kepada mahasiswa akses ke solusi data secara end-to-end yang membantu mengubah wawasan menjadi tindakan dalam skenario dunia nyata. 

Institusi di lebih dari 60 negara, termasuk enam di Singapura, Taiwan, dan Vietnam, telah bermitra dengan TIBCO untuk menawarkan pelatihan analitik tingkat lanjut kepada mahasiswa. Program gelar sarjana Business Analytics di Binus University juga akan segera dimulai pada September 2021.

Akses ke alat analitik TIBCO tidak terbatas pada departemen teknologi informasi saja tapi juga berkaitan dengan kemitraan untuk menawarkan diploma dalam analitik bisnis dan ilmu data, analitik pemasaran, dan teknik data di seluruh departemen universitas. 

Dosen juga menerima sumber daya dan pelatihan untuk tetap dapat mengikuti perkembangan. Dengan kapasitas untuk memperpanjang hingga 2.000 lisensi per tahun ajaran, universitas yang menawarkan siswa kesempatan untuk menggunakan solusi analitik TIBCO dapat memberikan mahasiswa keuntungan di pasar kerja dan mendapatkan reputasi sebagai destinasi dalam menemukan bakat terbaik. Program ini juga membukakan peluang bagi mahasiswa untuk memecahkan masalah nyata dari perusahaan mitra, yang membangun kemampuan analitik data tingkat lanjut yang sangat dibutuhkan dunia kerja saat ini. 

TIBCO juga berfokus pada peningkatan keterampilan profesional melalui program Aliansi Akademik. Mahasiswa pendidikan lanjutan di Taiwan yang mengunjungi Pusat Analisis di Yuan Ze University dapat memperoleh keterampilan karir tentang analitik data untuk aplikasi Internet of Things. 

Pekerjaan kami dengan Singapore Polytechnic telah berkembang dari pengembangan analisis data dan pengetahuan IoT menjadi penyedia materi teknis tentang analisis data dan ekosistem open source Project Flogo™ melalui pusat kewirausahaan sekolah yang bernama SPINOFF. Kemitraan dengan organisasi seperti SheLovesData juga membantu mendukung pembelajaran berkelanjutan di bidang data.

Mengatasi kelangkaan talenta di bidang ilmu data membutuhkan kolaborasi erat antara sektor publik dan swasta. Dengan mempelajari bagaimana teknologi terbaru diterapkan di tengah dunia nyata, para profesional dapat beradaptasi dengan permintaan serta kebutuhan data yang terus berkembang dan mendorong pembangunan ekonomi di wilayah tersebut.