Find Us On Social Media :

UMKM di Bukalapak Kini Bisa Dapat Pembiayaan Usaha dari Modal Rakyat

By Rafki Fachrizal, Selasa, 20 April 2021 | 12:35 WIB

Kerja sama Bukalapak dan Modal Rakyat

BukaPengadaan dari Bukalapak bekerja sama dengan Modal Rakyat untuk membuka peluang pembiayaan bagi usaha mikro, kecil menengah (UMKM) dalam jaringan ekosistem BukaPengadaan.

Pembiayaan yang diberikan merupakan jenis pembiayaan invoice financing atau PO financing. Nominal pembiayaan per pinjaman mencapai Rp2 Miliar dengan durasi pinjaman (tenor) 2 hingga 3 bulan.

Melalui kerja sama ini, BukaPengadaan dan Modal Rakyat juga memiliki visi untuk membantu UMKM agar dapat tumbuh tanpa harus khawatir dengan permasalahan cash flow yang terbatas, sehingga pertumbuhan bisnis dapat semakin berkembang pesat.

Direktur BukaPengadaan Hita Supranjaya mengatakanan “Kolaborasi bersama Modal Rakyat ini memberikan tambahan pilihan pembiayaan bagi UMKM mitra BukaPengadaan, sehingga merupakan langkah yang sangat positif bagi upaya kami tersebut, sekaligus mendukung pertumbuhan UMKM yang ada di Indonesia agar dapat fokus mengembangkan usahanya,” tutur Hita.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara BukaPengadaan dan Modal Rakyat dilakukan pada bulan April 2021 yang diwakili oleh Co-Founder & Direktur Modal Rakyat Stanislaus MC Tandelilin dan Direktur BukaPengadaan Hita Supranjaya.

Baca Juga: Indosat Uji Coba Lapangan OpenRAN di Jaringan 4G Berkualitas Video

Kerja sama ini membuka peluang bagi setiap pelaku bisnis maupun produk untuk mengakses laman Modal Rakyat, baik secara langsung ataupun melalui mitra bisnis.

Saat ini Modal Rakyat memiliki tiga skema pendanaan yang dapat digunakan yakni Modal Usaha, Modal Multiguna dan Modal Mikro.

Dengan target yang dicanangkan oleh Modal Rakyat dalam menyalurkan pembiayaan hingga Rp50 Miliar kepada ratusan UMKM dalam ekosistem BukaPengadaan, diharapkan semakin banyak lagi UMKM lokal yang dapat berkembang bisnisnya.

“Kami melihat potensi besar B2G dan B2B, terutama di bidang pengadaan akan semakin meningkat ke depan. Dengan bersinergi dengan ekosistem Buka Pengadaan, sebagai contoh, UMKM terpilih yang mengerjakan proyek yang berhubungan dengan belanja pemerintah akan mendapatkan kesempatan untuk akses permodalan dari Modal Rakyat. Hal ini diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dengan lebih cepat,” ungkap Stanis.

Adapun persyaratan pengajuan pinjaman di Modal Rakyat bagi UMKM dalam ekosistem BukaPengadaan adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Satu Tahun Hadir, Progate Miliki 100 Ribu Pengguna Aktif di Indonesia